Menilik Indahnya Desa Wisata Kollo Soha Milik Wakatobi

Jakarta, GPriority.co.id – Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang terkenal dengan keindahan wisata maritimnya. Bukan hanya dicintai oleh wisatawan lokal, namun Wakatobi juga menjadi salah satu destinasi incaran para turis mancanegara jika berkunjung ke Indonesia.

Salah satunya Desa Wisata Kollo Soha. Desa wisata ini terletak di Kecamatan Tomia. Dari Pelabuhan Waha, Desa Wisata Kollo Soha dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 menit, jika menggunakan kendaraan mobil ataupun motor. Sesampainya di Desa Wisata ini, wisatawan langsung disuguhkan dengan pesona keelokannya dari berbagai sisi.

Pertama, lewat deburan ombak Pantai Soha dan panorama pasir putih di Pantai Hondue. Pengunjung juga bisa menikmati olahraga ekstrem seperti diving dan snorkeling di kedua pantai tersebut.

Meneropong lebih jauh mengenai pesona keelokan Desa Wisata Kollo Soha, pengunjung dapat mendapatkannya ketika menikmati sunset di pelabuhan fery, menikmati tarian tradisional, serta melirik kerajinan kayu yang menawan.

Bahkan di Desa Wisata Kollo Soha ini juga terdapat kelompok tenun UMKM dan berbagai restoran dengan hidangan laut. Tersedia juga home stay yang dapat disewa oleh para pengujung yang datang.

Tak hanya sampai disitu, tersedia juga berbagai paket wisata menarik di Desa Wisata Kollo Soha, yang meliputi kanoing naik sampan, meti meti dan parapolo. Ini merupakan atraksi dimana para pengunjung dan nelayan akan menangkap ikan dalam bubu secara bersamaan, lalu bersantap malam dengan pemandangan bintang di langit Wakatobi.

Mengulang prestasi di tahun 2022, di tahun 2024 ini Desa Wisata Kollo Soha kembali masuk jajaran ‘300 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)’. Selain Kollo Soha, Desa Wisata Kulalli juga mewakili Kabupaten Wakatobi dalam ADWI 2024.

Dilaporkan, sejak 2022 juga Desa Wisata Kollo Soha merupakan desa yang didampingi oleh YKAN (Yayasan Konservasi Alam Nusantara) melalui pendekatan Aksi Inspiratif Warga untuk Perubahan (SIGAP). Selain itu, Pemerintah Kabupaten Wakatobi juga menetapkan Desa Wisata Kollo Soha sebagai desa wisata yang mengandalkan potensi wisata bahari.

Bahkan, aksi kolaboratif ini juga didukung oleh kemitraan dengan pihak swasta, yakni UNIQLO. Sejak 2023, UNIQLO dan YKAN berkolaborasi untuk menjawab tantangan di sejumlah daerah, termasuk di Desa Wisata Kollo Soha.

Foto : Kemenparekraf