Sempat Ditolak, VAR Akan Tetap Digunakan Pada Liga Premier Inggris

Jakarta, GPriority.co.id – Klub sepakbola Inggris, Wolves, menolak penggunaan VAR (Video Assistant Referee). Namun pada rapat umum tahunan Liga Premier Inggris, 19 dari 20 klub memilih untuk mempertahankan VAR.

Dilansir dari AFP News Agency, klub Wolves mengkritik VAR karena merasa dirugikan. Diperkenalkan pada 2019-2020, VAR mendapatkan kritik tajam selama musim 2023-2024 dari manajer dan penggemar Liga Premier Inggris. Klub Wolves juga menyatakan kekecewaannya, namun siap menyambut baik upaya untuk meningkatkan VAR.

Asosiasi Suporter Sepak Bola, mencatat menurunnya dukungan penggemar terhadap VAR. Liga Premier mengakui perlunya perbaikan terhadap VAR.

Terdapat juga rencana untuk memperkenalkan teknologi offside semi-otomatis pada musim depan, untuk mengurangi waktu pengambilan keputusan selama 31 detik.

Peningkatan lainnya yang juga termasuk, yaitu pengumuman di dalam stadion untuk keputusan VAR, tayangan ulang di layar besar, dan peningkatan pelatihan wasit untuk konsistensi dan kecepatan. Selain itu pihak Liga Premier juga akan melobi untuk terdapat siaran langsung selama tinjauan VAR berlangsung.

Foto : Ilustrasi / shutterstock