Sinergitas Stakeholder Dalam Menangani Bencana

Sentul,Gpriority-Tidak hanya kepala daerah,Rakornas yang digelar Badan Nasional Pengelola Bencana (BNPB) di Sentul,Senin (3/2) dan Selasa (4/2) dihadiri pula Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) seluruh Indonesia termasuk Kepala Dinas BPPD Pohuwato Ramon Abdjul.

Menurut Ramon yang ditemui di sela-sela acara, acara yang digelar ini sangat bagus karena menemukan semua stakeholder untuk penanganan bencana secara bersama, sehingga di dalam rapat ini ada keterpaduan antara pemerintah pusat dan daerah.

” Sehingga ketika terjadi bencana ada sinergitas dan kerjasama antara pemerintah dengan daerah, pengusaha,TNI,polri dan juga dengan daerah lainnya, sehingga bencana di daerah tersebut bisa segera ditangani” ujar Ramon.

Selain itu, Penguatan kelembagaan baik dari Sumber Daya Manusia maupun alat penanganan bencana yang menjadi topik utama pembahasan menjadi alasan lainnya kenapa acara ini dinilai bagus oleh Ramon.

” Alasan ketiga terkait bagusnya acara ini adalah pemerintah desa bisa melakukan penanganan bencana dengan menggunakan anggaran dana desa. Dengan demikian desa tidak perlu lagi menunggu dari pemerintah pusat. Dengan anggaran yang diperoleh dana desa, perangkat desa bisa menggunakannya untuk langsung melakukan penanganan bencana ” tambah Ramon.

Terkait dengan salah satu instruksi Jokowi yang mengatakan bahwa harus ditanam pohon yang memiliki akar yang cukup kuat dan juga penanaman hutan mangrove di pinggir pantai Rahman mengatakan bahwa di Pohuwato telah dilaksanakan.

” Agar masyarakat juga mengetahui hasil yang didapat terkait rakornas ini, sehingga bisa melakukan pencegahan bencana, BPPD akan melakukan rakornas hingga tingkat desa,” jelas Ramon. (Hs.Foto:Hs)

Related posts