Kutim Bentuk Satgas di Desa untuk Antisipasi Karhutla

Jakarta,Gpriority-Kamis pagi (6/2/2020) Istana Negara,Jakarta didatangi para kepala daerah termasuk Bupati Kalimantan Timur Ir. H. Ismunandar, M.T. beliau hadir dalam rangka rapat koordinasi nasional (rakornas) penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang digelar oleh kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Usai acara, Ismunandar mengatakan acara ini rutin diikuti oleh Kabupaten Kutai Timur mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2020.

Acara sendiri seperti dikatakan Ismunandar sangat efektif sekali bagi Kutai Timur karena begitu pulang langsung membentuk satuan tugas (satgas) di desa dan kecamatan.

” Dan Alhamdulillah Kutai Timur yang awalnya daerah rawan karhutla kini bisa diminimalisir berkat kesigapan stakeholder,pemerintah daerah,perangkat di tingkat kecamatan,desa dan masyarakat,” tambah Ismunandar.

Ismunandar juga mengatakan untuk mengantisipasi karhutla, Pemkab Kutim telah mengalokasikan mobil pemadam di setiap kecamatan, serta melakukan pelatihan dan sosialiasi kepada masyarakat terkait apa saja yang dilakukan jika terjadi karhutla.

” Jika masih ada masyarakat yang bandel melakukan penebangan dan pembakaran lahan hutan maka aparat penegak hukum akan menindak tegas pelakunya,” tutup Ismunandar.(Hs.Foto:Hs)

Related posts