Soal Anggaran Dihabiskan untuk Rapat Pejabat, Bupati Mahulu: Memang Benar!

Jakarta, GPriority.co.id – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E. menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pejabat yang kerap menghabiskan anggaran untuk rapat ataupun studi banding.

Menurut Bupati Bonifasius, bahwa hal itu benar terjadi, sehingga dia meminta agar hal ini menjadi perhatian kepada seluruh pejabat di Pemda Mahulu.

“Disesuaikan RPJMDnya dan menggunakan anggaran semaksimal mungkin, tidak dipergunakan untuk kegiatan yang tidak produktif,” kata Bupati Mahulu kepada GPriority usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 bersama seluruh kepala daerah, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (6/5).

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa masih banyak pejabat yang kerap menghabiskan anggaran untuk rapat ataupun studi banding. Dia meminta hal ini tidak terulalng di tengah kondisi ketidakpastian global.

“Jangan sampai anggaran dipakai untuk rapat-rapat kebanyakan dan studi banding yang kebanyakan. Sudahlah, itu masa lalu. Ini masa depan jangan sampai itu terjadi lagi,” tegas Jokowi

Jokowi juga mengingatkan agar program-program pusat maupun daerah harus berorientasi hasil.

“Program harus orientasi hasil, harus ada return ekonominya, harus fokus jangan sampai anggaran di ecer-ecer ke dinas-dinas semuanya diberi skala prioritas nggak jelas. Ada kenaikan 10% semua diberi 10%. Ndak jelas prioritasnya yang mana,” ujarnya.

Diketahui, Musrenbangnas 2024 merupakan agenda penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 bertema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Acara ini juga sebagai puncak konsolidasi usulan pembangunan melalui rangkaian desk pada 28 April-8 Mei 2024.

Foto: GPriority