Tegas! Pemerintah Perkuat Pencegahan Penempatan PMI Secara Nonprosedural

Penulis : Dimas | Editor : Haris | Foto : Humas Kemenaker

Jakarta,GPriority.co.id-Pemerintah Indonesia terus memperkuat langkah-langkah pencegahan dan penanganan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara nonprosedural ke luar negeri.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, mengatakan, Kemnaker selaku pemegang kebijakan pelindungan PMI terus melakukan langkah-langkah terukur untuk mencegah penempatan PMI secara nonprocedural.

“Selama ini kami hanya memberi sanksi ringan, dan hanya mencabut atau skorsing, tetapi sekarang kami ingin melakukan efek jera kepada mereka yang melakukan (penempatan PMI secara nonprosedural),” ujar Afriansyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Rabu (12/4).

Ia mencontohkan dengan keberhasilan pengungkapan sindikat Polresta Bandar Udara Soekarno-Hatta, serta pencegahan penempatan PMI nonprosedural di Bandar Udara Juanda, Sidoarjo.

“Jadi terkait Soetta dan Juanda, kami Kementerian Ketenagakerjaan fokus, kalau ada oknum-oknum yang terlibat akan kita tindak tegas,” jelasnya.

Selanjutnya, Afriansyah menegaskan setelah mereka berangkat secara non prosedural sudah tidak ada toleransi.

“Ketika mereka berangkat secara nonprosedural, maka pelindungan, keselamatan, beserta seluruh fasilitas yang mereka dapat itu tidak mereka dapat. Itu yang harus kita sikapi,” ujarnya.