Turun Langsung ke Sawah, Pj Bupati Asra Arahkan Gerakan Tanam Padi Serentak di Aceh Tamiang

ACEH, GPriority.co.id – Pj Bupati Aceh Tamiang, Aceh, Asra bersama Forkopimda terjun langsung ke sawah untuk menandai gerakan tanam padi serentak, Senin (24/6) kemarin.

Gerakan tanam padi serentak ini dilakukan di Kampung Sukamulia, Kecamatan Rantau dengan melibatkan masyarakat dan unsur Forkopimda.

Hamparan sawah yang digunakan diperkirakan mencapai 80 hektare.

“Gerakan tanam padi serentak ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mendukung program ketahanan pangan. Jika kabupaten kita bisa menghasilkan beras, maka harga beras di Tamiang akan stabil,” kata Asra.

Selain itu, untuk mencapai kestabilan dan tercapainya target panen, Asra mengatakan kekompakan menjadi kunci utamanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menentukan dosis pestisida, jenis bibit dan musim tanam agar tidak mengganggu sistem.

“Musim tanam harus dilakukan bersamaan, agar musim panen juga dapat dilakukan secara serentak, ini juga bagus untuk meminimalisir panjangnya masa hidup hama,” sarannya.

Datok Penghulu Kampung Sukamulia, Darmansyah mengatakan masyaraktnya sudah berkomitmen mendukung program ketahanan pangan.

Saat ini Kampung Sukamulia sudah menyumbangkan ketahanan pangan sebesar 37 persen.

“Saat ini produksi masih 4 ton gabah per hektare. Namun kami semua menargetkan produksi gabah Nasional sebesar 8 ton per Ha,” sebut Darmansyah.

Dikatakannya, saat ini sudah ada sawah masyarakat yang menghasilkan 7 ton dikarenakan adanya sumur bor. Ia juga menyebutkan selama ini Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang telah menyumbangkan Alsintan (alat dan mesin pertanian) serta sumur bor agar sawah mereka teraliri air.

“Kami akan terus perbaiki agar para petani kami mendapatkan semangat kembali melakukan tanam padi,” ucapnya.

Foto: Zulfitra/Gpriority