Tidak Dibedakan, Semua Seri iPhone 16 Dikabarkan akan Pakai Chip yang Sama

Jakarta, GPriority.co.id – Apple diperkirakan akan menggunakan chip yang sama untuk semua model dalam seri iPhone 16. Informasi ini dikonfirmasi oleh backend developer Apple, Nicolas Alvarez.

Dilansir dari MacRumors pada Rabu (3/6), Apple tidak akan membedakan dapur pacu antara iPhone 16 versi biasa dan iPhone 16 versi Pro. Menurut temuan Nicolas, semua kode identitas iPhone 16 menunjukkan keseragaman. Kelima kode tersebut adalah iPhone17,1, iPhone17,2, iPhone17,3, iPhone17,4, dan iPhone17,5. Kesamaan angka awal ini menandakan bahwa Apple berencana menggunakan chip yang sama untuk semua model tersebut.

Ini berbeda dengan iPhone 15, di mana versi Pro dan versi biasa memiliki chip berbeda. iPhone 15 biasa memiliki kode iPhone 15,4 dan iPhone 15 Plus memiliki iPhone 15,5, sedangkan iPhone 15 Pro menggunakan kode iPhone 16,1, dan iPhone 15 Pro Max menggunakan kode iPhone 16,2.

Pada iPhone 15 reguler, digunakan chip A16 Bionic yang sebelumnya juga dipakai di model iPhone 14 Pro. iPhone 14 Pro memiliki nomor model iPhone 15,2 untuk versi Pro, menunjukkan pola penamaan kode internal berdasarkan dapur pacu ponsel.

Dengan mempertahankan skema penomoran kode yang telah dilakukan bertahun-tahun, temuan Nicolas pada nomor kode keempat model iPhone 16 mengindikasikan bahwa semua model akan memiliki chip yang sama.

Temuan lain yang menarik adalah adanya lima nomor kode, kemungkinan besar empat di antaranya merupakan jajaran iPhone 16, sementara satu nomor kode lainnya bisa jadi iPhone SE generasi berikutnya, yang juga banyak dirumorkan.

Masuk akal jika keempat model iPhone 16 dan iPhone SE masa depan semuanya menggunakan chip A18 yang sama, karena fitur Apple Intelligence yang akan debut di iOS 18 memerlukan chip bertenaga tinggi agar fitur AI dapat berjalan di perangkat. Saat ini, hanya iPhone 15 Pro dan Pro Max yang dapat menggunakan Apple Intelligence.

Foto: X @theapplehub