Tingkatkan Penjualan UMKM Melalui Teknologi, Pemprov DIY Gelar Wirakarya SiBakul Jogja

Wirakarya SiBakul Jogja merupakan pameran virtual yang digelar Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) pada tanggal 24-26 September 2020. Tujuan digelarnya acara ini untuk meningkatkan penjualan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui teknologi.

“ Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM DIY, terhitung mulai Maret hingga September 2020, pendapatan UMKM di Yogyakarta mengalami penurunan hingga 80 %. Kondisi ini tentu membawa dampak yang cukup besar bagi perekonomian DIY, mengingat UMKM juga memiliki peran besar dalam peningkatan ekonomi,” ucap Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo dalam siaran persnya yang dikirim pada Kamis malam (24/9/2020).

Pemprov Yogyakarta seperti dituturkan Yudho pun menyadarinya. Untuk itulah mereka terus meningkatkan penghasilan UMKM melalui berbagai cara termasuk menggelar acara ini.

WiraKarya SiBakul Jogja 2020 dikemas dengan konsep yang meriah dengan menampilkan pameran virtual dan profil pelaku UMKM Jogja dalam rangka memperkenalkan bentuk usaha, produk yang dihasilkan, cara pembuatan produk hingga memberikan peluang kepada masyarakat umum jika ingin bermitra dengan mereka.

Acara juga diisi dengan talkshow dari para pembicara yang berpengalaman dibidangnya seperti ahli dalam bidang pembuatan situs belanja online, pemasaran digital dan lain sebagainya.

“ Kami berharap dengan hadirnya beragam acara tersebut, para pelaku UMKM mampu beradaptasi secara lebih produktif di era new normal”, tutur Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi DIY.

Srie juga mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk menyaksikan acara ini, caranya tinggal klik www.wirakarya.sme.id. “ Gratis kok, jadi bagi Anda yang ingin membeli produk UMKM Yogyakarta atau ingin mengetahui cara berbisnis UMKM secara online lengkap dengan pemasarannya. Inilah saat yang tepat untuk melakukannya,” tutup Srie. (Hs)

Related posts