3 Provinsi dengan Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi di Indonesia. Ini Daftarnya

Jakarta,Gpriority-Dalam siaran persnya melalui virtual pada Kamis sore (24/9/2020), Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, ada 3 provinsi yang meraih angka kesembuhan Covid-19 paling tinggi di Indonesia.

Adapun ke-3 provinsi yang dimaksud adalah Maluku Utara dengan tingkat kesembuhan 89.71 %, Gorontalo 87,19 %, dan Kalimantan Utara 86,09 %.

“ Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 3 Provinsi tersebut. Semoga langkah yang mereka lakukan bisa ditiru oleh provinsi lainnya yang berada di Indonesia,” ucap Wiku.

Untuk Maluku Utara, Wiku mengatakan,tingginya angka kesembuhan dikarenakan sejak awal Pemprov dan Satgas Covid-19 Maluku Utara telah membagi penanganan pasien Covid-19. “ Untuk yang memiliki gejala ringan, Satgas menempatkannya pada hotel untuk isolasi mandiri, sedangkan yang memiliki gejala berat ditempatkan di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” jelas Wiku.

Tak hanya itu, Pemprov Maluku Utara juga aktif untuk mendorong pasien untuk tetap menjaga kebugarannya selama masa karantina dan perawatan serta mengkonsumsi protein yang diberikan oleh tenaga medis.

Pemprov juga melakukan pendekatan kearifan lokal dalam penanganan pandemi Covid-19. “Ada sebuah slogan yang digunakan oleh masyarakat di sana sebagai prinsip dalam mencegah penularan virus yakni jaga torang pe diri, jaga torang pe keluarga, jaga torang pe daerah. Slogan itulah yang terus digaungkan kepada pasien Covid-19, agar mereka termotivasi untuk sembuh. Hasilnya pasien Covid-19 di Maluku Utara banyak yang sembuh,” tegas Wiku.

Pendekatan yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo ketika menangani pasien Covid-19. Pemprov langsung membedakan penanganan kepada pasien bergejala ringan, OTG dan juga berat. Pemprov selama 14 hari isolasi juga terus memberikan vitamin dan suport kepada pasien. “ Alhasil Gorontalo menduduki peringkat ke-2 Provinsi dengan tingkat kesembuhan terbanyak dengan total nilai sebesar 87,19%,” kata Wiku.

Provinsi Kalimantan Utara menempati urutan ke-3 kesembuhan pasien tertinggi setelah Maluku Utara dan Gorontalo. Menurut Wiku ini dikarenakan Pemprov Kalimantan Utara sangat all out dalam menangani Covid-19 di wilayahnya.” Langkah yang dimaksud adalah terus melakukan sosialisasi Intruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 baik melalui media massa maupun melalui pengumuman di lingkungan rt hingga kecamatan,” ucap Wiku.

Selain sosialisasi, Pemprov Kaltara juga melakukan langkah yang sama dengan Maluku Utara dan juga Gorontalo sehingga tingkat kesembuhan pasien Covid-19 melambung tinggi hingga 86,09%.

Wiku berharap keberhasilan ini tidak membuat 3 provinsi tersebut berpuas diri dan menjadi lengah. “ Jika sampai lengah bisa dipastikan tingkat kematian akan menjadi semakin tinggi di provinsi tersebut, mengingat hingga saat ini belum diitemukan obat yang tepat untuk menangani Covid-19,” tutup Wiku.(Hs)

Related posts