Tubuh Sering Meriang? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jakarta, GPriority.co.id- Apakah tubuh Anda sering mengalami meriang? Jika iya, Anda harus mengetahui apakah arti meriang yang sebenarnya.

Istilah meriang sangat umum digunakan masyarakat Indonesia untuk menjelaskan kondisi tubuh tidak fit. Namun tahukah Anda, sebenarnya istilah meriang tidak ada dalam kamus kedokteran. Meskipun demikian, dalam dunia kedokteran istilah meriang lebih mengarah pada kondisi malaise.

Melansir dari hellosehat, malaise adalah kondisi tubuh lesu atau tidak enak badan yang ditandai dengan demam, badan terasa lemas, pusing, mulut terasa pahit, keringat dingin, menggigil, atau bahkan nyeri otot.

Tubuh meriang dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

2. Terlalu lelah beraktivitas.

3. Penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau zat asing lainnya yang dapat membahayakan tubuh, seperti flu, radang tenggorokan, batuk, Covid-19, atau Pneumonia.

4. Efek samping obat keras.

5. Kurang mengonsumsi makanan bergizi.

6. Penyakit auto imun seperti rheumatoid arthritis.

Untuk menghindari kondisi meriang ini, ada beberapa cara menurut dr. Mesha Syafitra yang dituliskan melalui fitur konsultasi online alodokter, seperti menjalani pola hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih, dan hindari merokok.

Apabila kondisi meriang telah dirasakan lebih dari 3 hari, segeralah untuk pergi menemui dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. (Gs)

Related posts