Teluk Tomori, Surga Tersembunyi di Sulawesi

Jakarta, GPriority.co.id – Datang ke Teluk Tomori di Morowali Utara, pengunjung akan disuguhi pemandang laut dan daratan bukit yang sangat mempesona.


Terletak di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah Teluk Tomori terkenal memiliki perairan relatif tenang di sebagian besarnya hingga disamakan dengan air permukaan danau. Perairan laut Teluk Tomori yang tenang disebabkan adanya beberapa pulau kecil yang tersebar di teluk tersebut sehingga membuat perairannya lebih tenang tanpa gelombang laut.


Sepanjang pantai Teluk Tomori terdapat hamparan pasir putih serta gugusan pulau kecil yang cantik, hutan mangrove yang menjadi rumah bagi ribuan burung endemik Sulawesi Tengah, serta tempat Suku Wana tinggal, yakni di pedalaman hutan yang lokasinya dekat dengan Teluk Tomori.


Lebih menakjubkan lagi, Teluk Tomori memiliki keindahan bawah laut yang sangat kaya akan terumbu karang, ikan-ikan, dan penghuni ekosistem laut lainnya. Bahkan keindahannya disandingkan dengan wisata Raja Ampa di Papua Barat.


Selain itu, laut Teluk Tomori juga memiliki karakteristik yang khas dengan perairan yang kehijau-hijauan dan dikelilingi pulau kecil serta daratan di sekitarnya yang masih hijau. Beragam aktivitas bisa dilakukan kala berkunjung, seperti berlayar mengelilingi pulau-pulau kecil, diving, snorkeling, serta memancing.


Di sekitar Teluk Tomori terdapat sejumlah obyek wisata lain yang dapat dikunjungi. Misalnya Bukit Bajo atau yang populer disebut Bukit Teletubbies berupa hamparan padang berbukit hijau yang mirip dengan perbukitan di serial televisi anak Teletubbies.


Kemudian, ada destinasi wisata Tapak Tangan Raja, Batu Payung, Goa di pinggir laut, hutan mangrove di Desa Koya, Puncak Harmoni di Desa Kororolaki dan Air Terjun Matarutung. Seluruh obyek wisata ini bisa langsung dinikmati seharian dalam one day trip karena lokasinya yang saling berdekatan.


Tidak hanya melihat keindahan alam, Teluk Tomori juga menjadi tempat diselenggarakannya lomba perahu naga, sebuah acara yang diinisiasi Pemkab Marowali Utara untuk memperkenalkan kepada Indonesia dan dunia tentang Morowali Utara sebagai tempat yang memiliki wisata berkelas.


Teluk Tomori memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Hal ini membuat Pemerintah Kabupaten Morowali Utara melalui dinas Pariwisata hingga kini gencar melakukan berbagai upaya untuk mengembangkannya. Hanya saja pengembangan potensi tersebut masih terhambat oleh anggaran yang terbatas. (Vn)

Related posts