Unggul 2-0, Inilah Rekap Pertandingan Indonesia VS Filipina Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, GPriority.co.id – Timnas Indonesia kembali menoreh sejarah baru untuk pertama kalinya dalam dunia sepakbola. Garuda muda berhasil memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, pada pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Dilansir dari laman RRI, sejak pluit dibunyikan tanda babak pertama dimulai, Filipina sudah melancarkan aksi serangannya. Di menit ke-8, Marselino Ferdinan hampir menghasilkan gol pertama untuk timnas Indonesia. Namun, sundulan bolanya masih bisa dipeluk oleh kiper Filipina, Kevin Ray.

Di menit ke-27, muncul lagi peluang emas bagi Thom Haye untuk menghasilkan gol, namun lagi-lagi mampu digagalkan.

Setelah melakukan serangan bertubi-tubi, akhirnya di menit ke-31 pun Thom Haye mencetak gol indah lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang menghujam pojok kanan gawang Filipina.

Gol pertama ini nampaknya menciptakan kobaran semangat bagi para pemain timnas Indonesia, hingga Calvin Verdonk dkk terus melakukan serangan.

Timnas Indonesia kembali unjuk gigi di babak kedua menit 56 lewat tendangan dari Rizky Ridho. Gol ini berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Nathan. Rizky Ridho mampu meneruskan bola ke gawang melalui sundulannya yang gagal diantisipasi oleh kiper Filipina.

Dukungan dari para penonton pun terus berkobar. Namun terdapat penonton yang langsung diamankan setelah kedapatan menyalakan flare.

Setelah mengalami kram, pada menit ke-66 Shin Tae Yong pun menggantikan Calvin Verdonk dengan Pratama Arhan di sisi sayap kiri.

Pertandingan pada tadi malam pun sempat terhenti, usai pemain Filipina mengalami cedera serius, setelah bertabrakan dengan kiper Ernando Ari. Para pemain juga sempat membuat barikade, hingga ambulan masuk ke lapangan untuk membawa pemain Filipina yang cedera.

Wasit Rustam Lutfullin pun memberikan tambahan waktu delapan menit di babak kedua. Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Raihan ini membawa Indonesia lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan status runner-up Grup F. Indonesia lolos dengan torehan 10 poin menemani Irak sebagai juara grup.

Foto : PSSI