Wakil Bupati Kaimana: Pemekaran Bomberay Untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

Jakarta, GPriority.co.id – Pemekaran DOB wilayah adat Bomberay sebagai provinsi baru dibahas dalam audiensi dan sharing session Bappenas dengan wakil Pemda dan tokoh masyarakat Bomberay Raya pada Jumat (29/07/2021).

Berlangsung di Kantor Bappenas, Menteng Jakarta Pusat, Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, S.P., mengatakan pentingnya pemekaran provinsi ini demi kesejahteraan masyarakat Papua.

“Niat kami bukan berpikir untuk kepentingan kelompok, tapi untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, masyarakat Papua. Khusunya di 4 wilayah Bomberai ini.” Ujar Wakil Bupati saat diwawancarai usai mengikuti audiensi.

Menurutnya, wilayah provinsi Papua Barat yang telalu luas telah mengakibatkan marjinalisasi dan keterbatasan pelayanan serta anggaran di empat kabupaten di wilayah adat Bomberay. Ia pun berharap melalui pemekaran provinsi ini pelayanan dan pembangunan daerah dapat lebih prima.

Sebelum menjadi kabupaten dan masih menjadi kecamatan di Kabupaten Fakfak, Kaimana sudah cukup unggul dari segi pelayanan dan pembangunan. Mereka telah memiliki sejumlah infrastruktur penting seperti pelabuhan dan bandara. Bahkan, telah didirikan stasiun pengisian bahan bakar Pertamina.

Oleh karenanya dengan pembentukan DOB Bomberay Raya ini, diharapkan daerah memiliki anggaran sendiri untuk membangun dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Terkait kesiapan Kabupaten Kaimana, Wakil Bupati Hasbulla mengungkapkan ini menjadi momen yang tepat. Bukan hanya karena wacana ini Kembali bergulir sempat berhenti di tengah jalan. Namun, masyarakat dari berbagai pihak di Kabupaten Kaimana juga sangat mendukung pemekaran ini. Meski begitu, ia juga tidak menampik ada sejumlah kecil masyarakat yang masih menolak.

“Masyarakat sudah sangat mendukung. Walaupun memang tidak mungkin 100%. Itu biasa, itu hak demokrasi.”

Wakil Bupati Hasbullah berharap dengan adanya Provinsi Bomberay Raya dapat memberikan kesejahteraan, terutama pada pelayanan dasar.

“Berharap dengan adanya Provinsi Bomberay ini, masyarakat di Kabupaten Kaimana, yang ada di Kabupaten Fakfak, masyarakat Teluk Bintuni, masyarakat di Teluk Wondama terlayani dengan baik sehingga akses pembangunan, pendidikan, kesehatan bisa lebih baik dan lebih cepat.” (Vn.Foto.Hs)

Related posts