Waspada Covid-19 Melonjak di 2024, Kemenkes Imbau Masyarakat Gunakan Masker dan Lengkapi Dosis Vaksin

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat kasus yang terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia pada pekan ini, berjumlah 216 orang, sementara kasus yang sembuh sebanyak 128 orang dan 1 orang tercatat meninggal dunia, dan untuk kasus aktif berjumlah 2.070 kasus.

Untuk mencegah angka kenaikan kasus Covid-19 di penghujung tahun sampai awal tahun. Masyarakat diimbau untuk melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 tertanggal 15 Desember 2023.

Dikabarkan situasi Covid-19 di Indonesia saat ini menunjukkan adanya peningkatan kasus sejak pekan ke-41 periode 8-14 Oktober 2023. Data hingga, pada Senin (18/12) hari ini, menunjukkan kasus aktif konfirmasi Covid-19 sebanyak 2.070 kasus. Untuk itu, perlu ada upaya pencegahan penularan yang dilakukan serentak oleh seluruh elemen masyarakat.

“Untuk itu, masyarakat diimbau untuk segera melengkapi dosis vaksin COVID-19, segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di Puskesmas atau Kantor Kesehatan Pelabuhan, jangan ditunda tunda,” ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dr. Maxi Rein Rondonuwu, mengutip dari Sehat Negeri Ku Kemenkes RI, pada Jumat (15/12).

Lebih lanjut, ia menegaskan kepada seluruh masyarakat yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diimbau untuk dapat segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Lebih lanjut, Dirjen Maxi juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan penggunaan masker saat sakit atau pada tempat umum yang beresiko penularan Covid-19, hal ini terkhusus bagi lansia dan penyandang penyakit kronis dianjurkan menggunakan masker.

Dalam hal itu juga, seluruh masyarakat diminta selalu mempraktekan kebiasaan mencuci tangan guna memberikan perlindungan optimal dari penularan Covid-19.

Foto : GP Sifra