Wujudkan Kecintaan Masyarakat Lampung Lewat Festival Kemilau Tapis

Lampung,Gpriority- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Festival Kemilau Tapis Lampung 2021, di Ballroom Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021).

Mengusung tema “Spirit of Tapis”, Festival tahun ini menampilkan karya UMKM perajin tapis dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dan mitra binaan dari BUMN/Swasta yang ada di Lampung.

Melalui festival ini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengataan akan terbangun peluang pasar produk kain tapis dalam bentuk transformasi produk tapis Lampung, dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis.

Gubernur berharap festival tersebut dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan terhadap tapis sebagai salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung.

“Saya berharap Tapis Lampung akan meluncur lebih tinggi dan terkenal lagi. Namun saya berpesan Tumpal sebagai Ikon Lampung juga tetap jangan ditinggalkan. Maka saya berharap pra pelaku UMKM untuk terus menggali tradisi dan kreatifitas Tapis agar semakin populer dan bisa di terima masyarakat luas,” ujar Arinal.

Gubernur juga berencana akan membuat souvenir yang berasal dari keindahan kain tapis dan akan akan terus mendorong para perajin untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk hasilnya, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk di tingkat nasional, regional bahkan Internasional.

Di Provinsi Lampung sendiri terdapat UMKM sebanyak 192.234 unit yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 276 unit.

“Potensi kuantitas UMKM tersebut merupakan pelaku ekonomi yang harus terus kita pelihara dan jaga demi pembangunan ekonomi Lampung yang maju dan berkualitas,” pungkasnya. (Dw.foto.dok.Humas Lampung)

Related posts