241 Ribu Calon Jemaah Haji Siap Pergi Ke Tanah Suci, Berangkat Secara Bertahap

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan data terbaru terkait jemaah calon haji Indonesia yang siap pergi ke tanah suci. Adapun untuk jumlahnya yaitu sebesar 214 ribu jiwa, yang terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Nantinya para jemaah haji ini akan diberangkatkan secara bertahap.
Saat ini terkait persoalan pembagian kelompok terbang (kloter) dan penyusunan jadwal keberangkatan serta kepulangan jemaah haji, sudah rampung. Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saeful Mujab.

Lebih lanjut, Saeful mengatakan jika kloter pertama jemaah haji Indonesia akan berangkat pada tanggal 12 Mei 2024. Namun, terdapat dua gelombang keberangkatan haji 2024. Gelombang pertama pada tanggal 12-23 Mei 2024, dan gelombang kedua dari tanggal 24 Mei-10 Juni 2024. Di hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi.

“Dua kloter dari embarkasi Jakarta–Pondok Gede, tiga kloter dari embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang,” kata Saeful seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Tak lupa, Saeful juga meminta agar calon jemaah haji Indonesia dapat mempersiapkan mental dan fisik secara matang untuk beribadah di tanah suci.

“Jelang keberangkatan, saya mengimbau jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas,” katanya.

Foto : Media Center Riau