4 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Ubi ungu, siapa yang tidak mengenalnya. Rasanya yang yang sangat gurih, membuat ubi ungu diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun siapa sangka dibalik kelezatan rasa, ubi ungu ternyata memiliki manfaat juga bagi kesehatan. Berikut 4 manfaat kesehatan yang didapat jika kita mengkonsumsi ubi ungu.

1.Menjaga imunitas tubuh
Kandungan antosianin dan polifenol dalam ubi ungu dapat menekan stress yang timbul akibat kerusakan oksidatif yang terjadi dalam tubuh. Antioksidan yang muncul akibat rangsangan antiosianin juga mampu menangkal radikal bebas, sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Konsumsi ubi ungu juga dapat meningkatkan produksi beragam enzim antioksidan yang berdampak positif untuk pemecahan senyawa beracun, menjaga agar tubuh tidak mudah sakit.

2.Mencegah penuaan dini
Bagi wanita mengkonsumsi ibu ungu sangatlah baik karena mampu mencegah penuaan dini. Menurut alodoc,antioksidan yang terkandung di dalam ubi ungu tidak hanya baik untuk imunitas tubuh, melainkan juga mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini tersebut. Begitu pula dengan antosianin dalam ubi ungu juga mampu memperlambat menuanya sel-sel tubuh secara keseluruhan. Konsumsilah ubi ungu secara rutin agar tampilan Anda tampak selalu awet muda.

3.Berat badan berkurang
Anda mengalami masalah berat badan.Solusinya hanya satu yakni rajin mengonsumsi ubi ungu. Karena karbohidrat yang terkandung didalamnya mampu membakar lemak-lemak di dalam tubuh Anda. Tak hanya itu kandungan serat makanan dalam ubi ungu juga akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lama, sehingga efektif untuk mencegahmu mengonsumsi makanan secara berlebih. Kandungan antosianin dalam ubi ungu juga berperan memengaruhi metabolisme pencernaan, sehingga berat badan pun akan lebih mudah untuk turun.

4.Mengobati asam urat
Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Untuk mengobati penyakit ini cukup mudah, Anda hanya disarankan mengonsumsi ubi ungu. Karena Ubi ungu mengandung antosianin di dalamnya yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Semoga bermanfaat.(Hs.Foto.istimewa)