4 Venue PON XX Papua Buatan BUMN

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung mulai tanggal 2 hingga 15 Ontober 2021, beragam venue atau lokasi disediakan guna mendukung pertandingan dari berbagai cabang olahraga

Badan Usaha MIilik Negara (BUMN) ikut mendukung gelaran olahraga ini dengan membangun 4 venue yang tersebar di bebera klaster, diantaranya:

1. Stadion Lukas Enembe

Stadion ini dibangun oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk pada akhir 2016 dan rampung pada Mei 2019 di Kabupaten Jayapura. Biaya pembangunan Stadion Lukas Enembe mencapai Rp1,3 triliun, dengan luas area 13 hektar, dan stadion memiliki kapasitas 42.000 penonton.

2. Arena Akuatik Papua

Berlokasi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Arena Akuatik dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Pembangunan dikerjakan mulai dari Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Bangunan arena memiliki luas lahan 23.124 m², luas bangunan 17.733 m², dan kapasitas spectator 1.722 bangku penonton. Terdapat tiga arena bertanding, di antaranya kolam tanding (Competition Pool), kolam loncat indah (Diving Pool), dan kolam pemanasan (Warm Up Pool),

3. Mimika Sport Centre

Dibangun oleh PT Freeport Indonesia, yang merupakan anak usaha dari MIND ID. Berlokasi di Kelurahan Wanagon, Mimika, arena ini terbagi menjadi dua, yaitu indoor dan outdoor. Stadion indoor digunakan untuk cabang olahraga basket, voli dan badminton, dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP. Sementara stadion outdoor untuk cabang olahraga atletik, memiliki tribun yang bisa menampung 3.500 penonton.

4. Arena Cricket dan Lapangan Hockey

Berlokasi di kompleks olahraga Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, pembangunan dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero). Berdiri di atas lahan seluas 133.509 m2 dengan biaya pembangunan sebesar Rp288,3 miliar. Arena ini telah menerima sertifikasi dari Federasi Hoki Internasional (FIH) pada 5 Agustus 2020. (Dwi.foto.dok. PON XX)

Related posts