6 Sifat Istri Ini Bikin Suami Auto Bangkrut

Jakarta, GPriority.co.id –  Rumah tangga yang harmonis dibangun dari hubungan suami-istri yang saling melengkapi, menghargai, dan percaya satu sama lain. Salah satu faktornya ditentukan oleh kemampuan finansial. Suami sebagai kepala rumah tangga bertugas mencari nafkah, sedangkan peran istri adalah mendukung sumai lewat doa, mengurusi kebutuhan suami dan anak-anak, hingga mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan baik.


Namun, disadari atau tidak ada beberapa sifat istri yang malah bisa membuat suami kehilangan rezekinya hingga bangkrut dan jatuh miskin. Sifat apa saja itu? Berikut ini 6 sifat istri yang bisa membuat suami auto bangkrut.


Tidak Bersyukur
Memiliki istri yang tidak bersyukur atas rezeki yang telah diberikan membuat keluarga sulit mencapai sakinah. Lebih parah lagi bisa membuat suami bangkrut. Sebab berapapun besarnya penghasilan dan harta yang dimiliki suami, itu tidak akan pernah cukup. Istri akan terus menuntut lebih dari suaminya.


Allah berfirman: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7).


Durhaka Terhadap Suami
Sifat durhaka pada suami tidak hanya akan mempengaruhi hubungan dalam rumah tangga, namun juga bisa menghambat rezeki suami dan membuatnya bangkrut. Sifat-sifat yang termasuk durhaka pada suami seperti menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga, mengingkari kebaikan suami, mengungkit kebaikan yang pernah dilakukan, mengabaikan perasaan suami.


Lalai Beribadah
Istri yang lalai dalam ibadahnya bisa menjadi penyebab sulitnya rezeki mengalir dalam keluarga. Beribadah merupakan sarana untuk memohonkan kelancaran dan kemudahan rezeki. Menjalankan ibadah juga merupakan bentuk syukur dan takwa kepada Allah SWT.

Diantara ibadah-ibadah yang bisa melancarkan rezeki adalah sholat 5 waktu, sholat sunnah dhuha, dan sholat sunnah hajat. Allah SWT berfirman: “Jikalau penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi.” (QS Al-A’raf : 96)


Pelit Terhadap Orang Tua dan Suami
Sebagian istri enggan mengeluarkan sedikit harta untuk menyenangkan orang tua dan suami karena takut hartanya itu habis. Padahal sifat ini yang malah dapat mempersulit rezeki suami. Sifat-sifat pelit terhadap orang tua dan suami misalnya menolak memberikan uang bulanan padahal hidup, istri sangat perhitungan terhadap setiap pengeluaran, melarang suami membeli barang yang disukai, tidak peduli pada kebutuhan suami.


Pelit Bersedekah
Sedekah tidak mematok harga, namun disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Karena itu bersedekah tidak akan membuat orang jadi miskin meskipun ada harta yang dikeluarkan. Sebaliknya, dengan kuasa Allah SWT mampu memperbanyak rezeki.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS Al-Hadid: 18).


Boros
Memiliki istri yang boros bisa menjatuhkan rumah tangga dalam kesengsaraan. Bagi istri yang boros, penghasilan suami seolah tidak akan pernah cukup. Istri pun akan terus menuntut lebih dari suaminya untuk memenuhi gaya hidupnya itu. Alhasil, manajemen keuangan menjadi kacau, tidak memiliki tabungan, apalagi persiapan dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dibalik suami yang sukses terdapat sosok istri yang hebat. Oleh karena itu, seorang istri harus menghindari sifat-sifat di atas agar suami tidak jatuh dalam kemiskinan dan kebahagiaan rumah tangga tetap terjaga. (Vn)

 

Related posts