AGK & YA Resmi Pimpin Maluku Utara

Jakarta, Gpriority – Jum’at siang (10/5), Istana Negara yang terletak di Jakarta Pusat nampak ramai. Sebab pada hari itu, Abdul Gani Kasuba (AGK) serta M.Al Yasin Ali (YA) resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) periode 2019-2024.

Pelantikan gubernur hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 38/P/2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2019-2024.

Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018. Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar.

Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara.Sementara rivalnya, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749 suara.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara t dipimpin langsung oleh Presiden  Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Tepat pukul 14.00 WIB, pelantikan AGK dan Al Yasin Ali dimulai.Jokowi pun mulai memimpin dengan pengambilan sumpah jabatan.

“Sebelum mengucapkan sumpah jabatan sebagai Gubernur dan Wakil gubernur Maluku Utara masa jabatan 2019-2024. Terlebih dahulu saya tanyakan kepada saudara-saudara, bersediakah mengucapkan sumpah janji sesuai agama Islam?” tanya Jokowi kepada Abdul Gani dan Al Yasin.

“Bersedia,” jawab keduanya.

Jokowi pun melanjutkan pembacaan sumpah jabatan sesuai dengan agama masing-masing. “Demi Allah saya bersumpah,” kata Jokowi yang diikuti Abdul Gani dan Al Yasin Ali.

Selanjutnya, keduanya mengikuti perkataan Jokowi secara bersamaan. “Akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap keduanya.

Nampak hadir dalam acara tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumalo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Watimpres Agum Gumelar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan pejabat tinggi negara dan daerah lainnya.

Kepada media termasuk GPriority, AGK yang ditemui seusai pelantikan mengatakan bahwa dirinya meminta kepada Presiden Jokowi agar membangun jalan tol di daerahnya. “ Saya meminta langsung kepada Jokowi untuk membangun  jalan tol yang menghubungkan bandara dengan ibukota Provinsi,” ucap AGK.

Dikatakan oleh AGK, jarak dari Ternate ke bandara Maluku Utara kurang lebih 100 kilometer. “ Dengan dibangunnya jalan tol, maka akan mempersingkat waktu tempuh ke Bandara, yakni kurang lebih 45 menit,” tutur AGK.

AGK juga berjanji akan membangun infrastruktur yang belum selesai seperti jalan lingkar Halmahera.” Jalan lingkar Halmahera yang berada di sekitar kabupaten/kota, sekitar pulau yang belum selesai mudah-mudahan akan diselesaikan oleh Saya bersama Al Yasin Ali” Kata AGK.

Terkait program pendidikan, kesehatan, perguruan tinggi serta Sumber Daya Manusia (SDM) tetap menjadi prioritas AGK dan Al Yasin Ali. Untuk itulah AGK dan Al Yasin Ali membuat program  untuk keempat prioritas tersebut.

Destinasi pariwisata juga menjadi perhatian AGK dan Al Yasin Ali. Untuk itulah mereka akan terus mengembangkan destinasi pariwisata di Maluku Utara sehingga  mampu mendatangkan Pagu Anggaran Daerah (PAD) bagi Provinsi, Kabupaten dan Kota yang ada di Malut.  Hs

Related posts

Leave a Comment