Akibat Kebakaran, BPOM Janji Tidak Akan Terganggu Pelayanan

Badan Pengawas Obat dan Makanan angkat bicara soal peristiwa kebakaran yang terjadi di Kantor BPOM, Jalan Percetakan Negara, Johar Baru, Jakarta Pusat. Pihak BPOM menulis, “Ada satu ruangan yang terbakar dalam peristiwa yang terjadi pada Minggu (18/7/2021) malam itu. Namun BPOM memastikan pelayanan tak terganggu akibat kebakaran ini. “Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di Badan POM,” tulis BPOM di situs resminya, Senin (19/7/2021).

BPOM menyebut, kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB di Lantai 1 Gedung F Barat. Pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik.

Pada sekitar pukul 22.00 WIB, api sudah berhasil dipadamkan dengan melibatkan 8 unit mobil pemadaman kebakaran dan 9 unit mobil penunjang dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat. “Dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa,” tulis BPOM. Belum ada penjelasan lebih jauh barang apa saja yang terbakar di ruangan itu. Penyebab pasti kebakaran masih dalam pendalaman penyelidikan oleh pihak Kepolisian Sektor Johar Baru. “Badan POM menyampaikan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada semua pihak, khususnya petugas pemadan kebakaran dan kepolisian setempat yang bergerak cepat untuk memadamkan api serta mengamankan situasi di lokasi kebakaran,” tulis BPOM. Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Asril Rizal sebelumnya menjelaskan, kebakaran bermula ketika kantor BPOM sedang ada perbaikan panel listrik di lorong F timur dan F barat.

Saat petugas menaikkan saklar di Miniature Circuit Breaker, tiba-tiba timbul ledakan yang memicu munculnya api. “Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman. Karena asap yang ditimbulkan pekat, petugas kewalahan melakukan pemadaman,” kata Asril. Peristiwa kebakaran itu pertama kali dilaporkan salah seorang warga ke petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) sektor Johan Baru, Jakarta Pusat, pukul 21.30 WIB. Petugas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta tiba di lokasi lima menit kemudian. Sekitar pukul 22.17, api sudah berhasil dilokalisir.

Selanjutnya, pukul 23.00 WIB, petugas mulai melakukan proses pendinginan dan penguraian/pembuangan asap di area terbakar lantai dasar kantor BPOM. Pemadaman dinyatakan selesai atau sudah berstatus hijau pada Senin pukul 00.42 WIB. Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts