Atasi Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Salurkan 2.118 Hunian Layak di Maluku

Jakarta,GPriority.co.id-Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan peningkatan hunian layak dalam mengatasi kemiskinan ekstrem yang ada di Provinsi Maluku.

Salah satu programnya tersebut ialah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). I Wayan Suardana Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Maluku menjelaskan stimulan yang diberikan pemerintah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang rumahnya tidak layak huni.

“Ini khusus untuk masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan ekstrem,” kata I Wayan saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI, Senin (19/12/2022).

Sementara itu, dari 2.118 unit tersebut sudah tersebar di 10 kabupaten/kota diantaranya : Kabupaten Buru 175 unit, Kaupaten Saram Bagian Barat 549 unit, Kota Ambon 50 unit, dan Kabupaten Maluku Tengah 287 unit.

Selanjutnya Kabupaten Seram Bagian Timur 171 unit, Kabupaten Maluku Bagian Barat Daya 139 unit, Kabupaten Kepulauan Tanibar 123 unit, Kabupaten Maluku Tenggara 245 unit, Kota Tual 153 unit, serta Kabupaten Kepulauan Aru 226 unit.

Pada kesempatan yang sama, Sadewo Anggota Komisi V DPR RI mengatakan sepakat program BSPS ini dapat meminimalisir kemiskinan ekstrem.

“Melalui program BSPS inilah secara tidak langsung dapat meminimalisir kemiskinan ekstrem,” imbuhnya.

Adapun, Sadewo menyarankan agar program ini harus juga merata khususnya di Maluku tidak hanya central di pulau Jawa.

“Saya menyarankan harus lebih banyak menyentuh seperti di Provinsi Maluku ini, bukan di Pulau Jawa saja,” terangnya.(Da.Foto.HumasPUPR)