Aturan Baru FIFA: Tim Sepakbola Bisa Otomatis Kalah Jika Pendukungnya Bertindak Rasis

Jakarta, GPriority.co.id – Sebuah laporan menyebutkan bahwa FIFA berencana mengusulkan peraturan baru. Nantinya pada peraturan tersebut, sebuah tim sepakbola bisa otomatis kalah, jika para pendukungnya melakukan rasisme atau tindakan rasis selama pertandingan berlangsung.

“Ada janji pada beberapa bulan lalu, untuk membuat proposal (peraturan baru) di seluruh dunia,” ujar Gianni Infantino, Presiden FIFA.

Setelah itu, pihak FIFA juga telah berkonsultasi dengan Vinicius Junior dari Brazil yang telah menghadapi masalah rasisme ini.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, seorang pemain sepak bola berkulit hitam, Mike Maignan, keluar di tengah pertandingan setelah mendengar suara hinaan dari para pendukung lawannya.

Sejak saat itu, peraturan ini pun dirancang dan berencana akan diberlakukan segera, untuk melawan tindakan rasis. Khususnya dikalangan para pendukung tim sepak bola.

Peraturan ini pun mengundang berbagai macam respon dari pecinta sepak bola. Begitupun bagi pecinta sepakbola di Indonesia.

Alih-alih mengomentari terkait peraturan baru dari FIFA, mereka malah menanggapi persoalan wasit yang diduga melakukan kecurangan, namun tidak ada tindakan lebih lanjut. Terutama saat liga Piala Asia U-23 kemarin.

“Kalau gini aja cepet. Giliran wasitnya curang gak ada tindakan. Dibayar berapa ya kemaren yang di Qatar?” tulis seorang netizen.

Foto : FIFA / Getty Images