BKPM Launching 12 Proyek PPI 2023

Penulis : Ponco | Editor : Dimas A.Putra | Foto : BKPM

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam rangka mempromosikan investasi untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kementerian Investasi/BKPM menggelar launching 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) tahun 2023 pada Kamis (28/12).

Sekretaris Kementerian Investasi/Sekretaris Utama BKPM Ikmal Lukman yang meresmikan 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) tahun 2023 mengatakan bahwa proyek-proyek yang termasuk dalam PPI ini akan menjadi pipeline yang diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target investasi di tahun 2024 sebesar Rp1.650 triliun.

“Ada 12 proyek PPI telah siap diluncurkan dalam rangka mendukung pembangunan IKN. Kementerian Investasi selalu siap mendukung kesuksesan IKN dan kami berharap apa yang dibuat hari ini dapat membantu Otorita IKN dalam mempromosikan IKN,” ujarnya dalam rilis yang dikeluarkan Kementerian Investasi/BKPM.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt). Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan menyampaikan bahwa 12 proyek PPI ini telah diluncurkan melalui situs PIR (Potensi Investasi Regional) www.regionalinvestment.bkpm.go.id, untuk ditawarkan kepada investor potensial.

Kementerian Investasi/BKPM menyusun 12 proyek PPI di berbagai lokasi dengan rincian, yaitu 10 proyek di Provinsi Kalimantan Timur (termasuk 1 proyek di wilayah IKN), 1 proyek di Provinsi Kalimantan Barat, dan 1 proyek di Jawa Timur. Proyek PPI yang diluncurkan di tahun 2023 meliputi empat sektor, yaitu sektor sumber daya alam yang terintegrasi dengan industri hilirnya, industri manufaktur, jasa dan kawasan, serta infrastruktur.

Ke 12 proyek PPI di tahun ini melengkapi 69 proyek yang telah disiapkan sebelumnya dan telah dipasarkan oleh Kementerian Investasi/BKPM sejak tahun 2021. Sampai saat ini, sebanyak 81 proyek yang siap ditawarkan telah mencapai nilai Rp244,61 triliun.