Bobota, Robot Canggih Pendeteksi Masker dari Polres Bojonegoro

Polres Bojonegoro, Jawa Timur meluncurkan Bobota atau Robot Bojonegoro Tangguh, pada Selasa (6/10/20). Bobota tersebut merupakan robot polisi yang dilengkapi beberapa fitur modern, salah satunya dapat mendeteksi masyarakat yang tak bermasker saat di kendaraan maupun di tempat ramai.

Bobota ini diklaim menjadi robot polisi pertama di Indonesia yang dirancang dan didesain khusus oleh anggota kepolisian Bojonegoro, dan berguna untuk membantu patroli polisi di lapangan saat pandemi Covid-19. Robot ini dikendalikan dari ruang posko Kampung Tangguh Semeru Polres Bojonegoro melalui jaringan internet.

Menurut Kapolres Bojonegoro AKBP Budi Hendrawan, robot ini dilengkapi beberapa fitur dan kegunaannya, seperti AI Camera (Face Mask Detection Alert) yang dapat mendeteksi orang yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan imbauan untuk penggunaan masker.

“Kita ingin dengan robot ini bisa membantu mendeteksi masyarakat yang belum bermasker saat di lokasi-lokasi keramaian. Sehingga nanti bisa kita himbau untuk berperilaku sesuai protokol Kesehatan,” ujar Budi.

Selain itu juga ada Kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition) yang dapat mendeteksi dengan cara merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor secara otomatis. Kamera tersebut juga dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.

Untuk meminimalisi kontak langsung polisi dengan warga, robot ini juga dapat berkomunikasi dua arah dengan menggunakan fitur video call. Ada pula fitur Announcement Speaker dengan empat speaker, yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, imbauan, dan juga play audio.

Fungsi lain robot ini yaitu bisa menjadi Mobile Traffic Light, yakni modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan yang terakhir, robot ini juga dilengkapi PTZ Camera 270ᵒ dan Camera 360ᵒ, merupakan kamera yang dapat berputar baik 270ᵒ atau 360ᵒ yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu.

Dengan adanya Bobota ini, anggota kepolisian bisa terbantu dalam pelaksanaan tugas patroli yang aman, modern dan inovatif di masa pandemi Covid-19 di wilayah Polres Bojonegoro. (Dwi)

Related posts