Pemilihan Ketua Jokargy Kenes Republik Karakalpakstan

Tanggal 2 Oktober 2020 merupakan hari bersejarah bagi Jokargy Kenes yang merupakan perwakilan tertinggi dan badan legislatif Republik Karakalpakstan. Pasalnya di tanggal tersebut, Jokargy Kenes menggelar sidang untuk menentukan ketua.

Sidang yang dihadiri oleh Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Jokargy Kenes Atabek Davlatov. Dalam sambutannya, Atabek mengatakan bahwa berdasarkan keputusan dewan tetua, Murat Kallibekovich Kamalov dinominasikan untuk posisi Ketua Jokargy Kenes.

Shavkat Mirziyoyev dalam sambutannya setuju jika Murat Kallibekovich Kamalov yang menjadi ketua, sebab dia adalah orang yang jujur, seorang patriot. “ Saya melihat dimanapun dia bekerja, dia selalu khawatir dengan keprihatinan masyarakat Karakalpak. Ini penting. Saya yakin dia akan melanjutkan pekerjaan ayahnya Kallibek Kamalov serta mendiang Musa Erniyazov, dan memastikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat,” jelas Shavkat.

Tak hanya Shavkat, para deputi melalui pemungutan suara rahasia juga memilih Murat Kamalov untuk jabatan Ketua Jokargy Kenes Republik Karakalpakstan.

Sekedar informasi sesuai dengan Pasal 80 Konstitusi Republik Karakalpakstan, Ketua Jokargy Kenes adalah pemimpin dan pejabat tertinggi di Karakalpakstan. Ketua dipilih oleh Jokargy Kenes, dengan persetujuan Presiden Republik Uzbekistan dan deputi Jokargy Kenes dengan pemungutan suara rahasia.(Hs)