BORU Angkat Nilai Budaya Batak dari Rancangannya

 Indonesia kaya karya dan budaya, negeri yang menawarkan banyak keindahan. Seiring berjalannya waktu, budaya seakan-akan mulai pudar, padahal budaya itu lah yang menjadi identitas bangsa ini. Maka itu, pada hari Kamis, 29 April 2021, ini, PT Toba Tenun Sejahtra dengan bangga mempersembahkan peluncuran brand baru, BORU. Brand BORU siap membawakan konsep timeless, ethical dan sustainable dengan mengangkat nilai-nilai budaya Batak dari Sumatra Utara.

Koleksi perdana yang resmi diluncurkan oleh Boru adalah koleksi pakaian dan aksesoris bernama Sindar. ‘Sindar’ memiliki arti ‘sinar’. Kata ini dipilih sebagai koleksi debut BORU karena setiap pemakai koleksi Sindar seakan-akan menjadi cahaya kecil bagi orang-orang di sekitarnya, dan telah menjadi bagian dari siklus ekonomi karya lokal yang membantu para artisan yang menciptakan koleksi ini.

Motif-motif yang dipakai dalam koleksi ini melambangkan tiga elemen penting dalam budaya Batak, yaitu ‘sinar’, ‘harapan’, dan ‘rumah’. Tak ketinggalan, pola pada kain tenun yang dipakai terinspirasi dari konsep Mataniari (‘penghidupan’) dan Gorga siTagan (‘saling menolong’).

Sindar hadir dalam 3 kategori utama. Ada Sindar Singgah, koleksi indoor; kemudian Sindar Binar, koleksi outdoor; dan Sindar Cita, koleksi khusus untuk perempuan. Memadukan warna cokelat dan biru dalam koleksinya, Sindar menampilkan gaya casual yang down-to-earth. Corak tenunnya netral namun indah, bahkan terkesan modern dan kontemporer. Koleksi ready-to-wear dengan pilihan untuk wanita dan unisex ini sangat cocok dipakai dalam keseharian kita.

Sindar pun hadir sebagai aksesoris. Ada masker dan hand sanitizer yang senantiasa melindungi kesehatan kita, serta pouch, stationery pouch, agenda cover dan gym bag yang praktis. Bahkan koleksi aksesoris dari Sindar pun mencakup pelengkap rumah seperti pillow cover. Koleksi Sindar tidak hanya manis dipakai di badan, tapi juga untuk dibawa dan dipajang di rumah. (Hs.Foto.dok.BORU)

Related posts