Bukan Sup Kelelawar Yang Menyebar Virus Corona

Jakarta,Gpriority-Banyak warga yang sudah meninggal akibat virus Corona di Wuhan Cina. Atas dasar alasan itulah, banyak warga di negara lain yang merasa ketakutan akan kedatangan virus yang dikenal dengan nama lain Infeksi  2019 nCoV.

Apa sih Virus Corona itu dan apa penyebabnya? Menurut WHO virus corona merupakan virus yang menginfeksi hewan. Namun, seiring berjalan waktu dan berevolusi, virus ini bisa menular ke manusia. Meski bisa menular virus corona seperti dijelaskan profesor penyakit menular dan kesehatan global di University of Oxford, Peter Horbyn lebih ringan daripada virus SARS.

Terkait  dengan informasi yang memberitakan bahwa sup kelelawar adalah penyebab berkembang biaknya virus corona dibantah oleh Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P (K) dari Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Menurut dr.Erlina, meski virus ini bisa berkembang biak di tubuh hewan namun ketika dimasak di atas suhu 60 derajat secara otomatis bakteri atau virus yang terdapat dalam hewan akan mati.

“Saya mendapati ada 50 lebih hoax yang berkembang soal virus ini. Namun beberapa diantaranya viral. Nah benar tidak bisa jerjangkit karena sup kalelawar? pada kalelawar memang ada ini. Tapi kalau sudah jadi sup? itu dimasak diatas suhu 60 derajat loh. Kalau sudah dimasak enggak,” kata dia di kawasan Pegangsaan Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Erlina juga mengatakan, bahwa virus jenis ini memang bisa menyebar ke tubuh hewan. Selain itu, virus corona juga bisa menular dari manusia ke manusia lainnya.

“ Nah kalau dengan buah-buahan seperti informasi yang belakangan ini marak terjadi. Saya bisa mengatakan itu juga informasi hoax. Sebab virus corona tidak bisa berkembang biak di kulit buah-buahan. Karena faktanya tidak bisa berkembang biak di buah-buahan makanya saya menyarankan agar banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah dan sayur bisa menjadikan sistem kekebalan tubuh lebih kuat hingga tak mudah terinfeksi berbagai penyakit,” ujar  dr.Erlina.

Dr.Erlina juga mengatakan selain mengkonsumsi buah-buahan, menjaga stamina, menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Makan makanan sehat bergizi, istirahat cukup, tidak merokok juga bisa mencegah tertularnya virus corona. Karena asap rokok  bisa melumpuhkan sistem pembersihan yang ada di saluran nafas. “ Jadi sebetulnya kalau ada (virus) yang masuk, ada sistem pembersihan, kalau itu lumpuh ya semua (virus) masuk,” tutup dia.(Hs)

 

 

 

 

 

 

Related posts