Bupati Gorut Canangkan Buang Sampah Pada Tempatnya

Gorut,GPriority.co.id- Masih banyaknya masyarakat yang belum sadar mengenai kebersihan lingkungan membuat Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengajak seluruh warga di daerah itu untuk terus membudayakan membuang sampah pada tempatnya.

” Setiap tahunnya kita selalu memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Namun sayangnya hanya menjadi acara seremonial belaka. Ini terbukti dari masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Untuk itulah saya mengajak segenap masyarakat terutama warga Gorontalo Utara (Gorut) untuk terus membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Sampah jangan dibakar, apalagi membuangnya ke sungai,” ucapnya.

“Sebab acapkali kita mencari cara yang lebih mudah untuk mengelola sampah yaitu dengan membuang di aliran air, baik got maupun sungai. Saya berharap seluruh warga di daerah ini mampu mengelola sampah dengan tepat,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Thariq Modanggu juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara saat ini tengah melakukan penataan seluruh ruang terbuka hijau yang diharapkan berdampak ekologis dan ekonomi. ” Selain menjadi paru-paru hijau di pusat ibu kota kabupaten maupun kecamatan, kata dia, penataan tersebut diharapkan menunjang aktivitas perekonomian pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner dan kerajinan tangan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, ruang terbuka hijau yang ditata secara cantik dan asri akan menjadi area yang ramah kepada para pelaku UMKM dan diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelintas jalur darat Sulawesi. Oleh karena itu, katanya, gerakan menanam pohon diharapkan semakin banyak dan dilakukan langsung oleh aparat pemerintah daerah.

” Aparatur wajib menjadi teladan dalam penataan lingkungan yang hijau dan asri, serta pengelolaan sampah dengan budaya membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian akan diikuti oleh masyarakat Gorut,” jelasnya.


Selain mengajak masyarakat Gorut membuang sampah pada tempatnya, Thariq Modanggu juga menyerahkan penghargaan Adiwiyata Kalpataru kepada perusahaan, petugas kebersihan terbaik, organisasi perangkat daerah peduli lingkungan, dan pegawai tidak tetap teladan yang telah perduli kepada lingkungan sekitarnya.

Thariq berharap penghargaan ini bisa memacu masyarakat lainnya untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar.(Hs.Foto.dok.Gorut)

 

Related posts