Bupati Manggarai Timur Tinjau Pengembangan Agrowisata Kopi

Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Agas Andreas, didampingi Wakil Bupati Jaghur Stefanus memantau lokasi Pengembangan Agrowisata Kebun Kopi Mano, di Desa Golo Lobos, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Selasa (28/09/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Agas juga menyerahkan benih Lombok unggulan secara simbolis kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Lami Rahi asal Lame, Desa Golo Lobos, untuk ditanam pada lahan milik KWT ini.

Ia pun menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Agrowisata Kebun Kopi Mano sebagai contoh bagi masyarakat sekaligus menjadi tempat rekreasi bagi pengunjung.

“Agrowisata kebun kopi ini harus jadi, ketika kita berbicara tentang agrowisata kopi, artinya kita menanam kopi, dan menjadi tempat rekreasi,” katanya.

Untuk itu, lokasi ini perlu dibersihkan dan ditata dengan baik. Sama halnya dengan Lombok yang saat ini harganya mengalami kenaikan, bupati meminta untuk bergerak cepat.

“Lombok, harus ditanam dan hasilnya akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat,” lanjut Bupati Agas.

Sementara itu, Pastor Robertus Pelita, selaku Ketua Tim Agrowisata Kopi Mano menjelaskan lokasi LPUT Mano merupakan lahan milik Keuskupan Ruteng seluas 22,5 hektar. Dari luas tersebut 10 hektarnya dinyatakan layak untuk ditanam kopi jenis arabika dengan ketinggian 1050 mdpl.

Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari pembersihan lahan, penggalian lubang dan bibit kopi yang siap ditanam. Selanjutnya, penanaman secara resmi akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2021. (Dwi.foto.dok. Humas Manggarai Timur)

Related posts