Museum Telekomunikasi TMII Tak Terawat

Salah satu Museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yaitu Museum Telekomunikasi masih tutup dan tak terawat. Terlihat dari banyaknya rerumputan tinggi yang memenuhi sekeliling bangunan museum dan juga tampak warna gedung yang mulai memudar.

Terkait hal tersebut, Humas TMII Adi Widodo menjelaskan Museum Telekomunikasi tersebut memang mengalami kendala di manegement atau pengelolaan, dan pihaknya saat ini tengah mencari solusi.

Adi menceritakan bahwa dulu Museum dikelola oleh Kementerian Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Kemenparpostel), namun setelah Kementerian tersebut dipisahkan Museum Telekomunikasi menjadi terbengkalai.

“Setelah terjadinya pemisahan disitulah yang jadi aset itu (museum) di bawah mana apakah di pariwisata atau di telekomunikasi, apa di pos, itulah yang menyebabkan terbengkalainya museum,” katanya, Kamis (30/09/2021).

Dari pihak TMII sendiri, Humas mengatakan tetap memperhatikan kebersihan dan keamanan hanya dibagian luanya saja, sebab TMII saat ini belum mempunyai kewenangan untuk mengurus bagian dalam Museum.

“Untuk lingkungannya Taman Mini memelihara di luar, tapi untuk di dalam kita belum ada kewenangan karena yang kita bicarakan itu koleksi punya siapa itu ada pendataan, kita juga menghindari terjadinya dalam tanda kutip kehilangan,” pungkasnya (Dwi.foto.dok.Pribadi)

Related posts