Buru Selatan Fokus Rintis Smart City, Perketat Kemanan dan Titik Lokasi Vital

Bali, GPriority.co.id – Kadis Kominfo Buru Selatan, Nasaruddin Saimima, mengatakan saat ini Kabupaten Bursel sedang fokus merintis smart city di daerahnya. Hal ini ia sampaikan saat dimintai keterangan di sela acara ‘Forum Smart City 2024’ yang diselenggarakan di The Meru Sanur Hotel Bali, Rabu (26/6).

“Instruksi dari Ibu Bupati, Kominfo di genjot dan di pressure untuk smart city ini harus berjalan. Karena memang sejak dari Kadis Kominfo yang sebelumnya, sudah ada tindak kerja sama dengan bank BNI. Tetapi belum ada perjanjian kerja samanya, untuk diterapkan pada smart city di Kabupaten kita,” ujar Nasaruddin.

Berbicara soal kendala, diakui Nasaruddin dari dinas tersebut memang harus dibenahkan kerja sama dengan berbagai pihak seperti pengelola hutan, forkopimda, TNI, Polri, dan beberapa OPD yang berkaitan dengan pembangunan smart city di Kabupaten Bursel.

Saat ini, Kominfo Bursel sedang merintis mulai dari keamanan, titik lokasi vital, juga soal kamtibmas-nya, agar smart city di Kabupaten Bursel dapat segera terbangun.

“Sementara kita memang kolaborasi dengan tim percepatan dari Ibu Bupati kita, lalu dengan beberapa konsultan proyek yang sedang berjalan di Kabupaten Buru Selatan,” kata Nasaruddin.

Adapun, bagi Nasaruddin kehadiran IKN juga turut menjadi pemicu obor semangat bagi pemerintah Kabupaten Buru Selatan untuk segera merampungkan pembangunan smart city tersebut.

“Pastinya (jadi motivasi). Karena merupakan Ibu Kota baru yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi, dan ditekankan bahwa digitalisasi itu penting. Sangat penting untuk seluruh provinsi daerah di Indonesia,” terang-nya.

Langkah ke depan, Pemkab Bursel juga akan mengadposi smart city dari kabupaten-kabupaten lainnya di Indonesia. Hal ini bertujuan agar smart city di Bursel dapat setara atau lebih baik dari kabupaten-kabupaten yang memang telah lebih dulu menerapkan konsep tersebut.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority