Langkah Awal Bangun Smart City, Kabupaten Muna Barat Fokus Tingkatkan Nilai SPBE

Bali, GPriority.co.id – Mengikuti jejak kabupaten lainnya yang sudah menerapkan smart city, Kadis Kominfo Kabupaten Muna Barat, Al-Rahman, mengaku jika saat ini kabupatennya sedang berada pada langkah awal, yaitu meningkatkan nilai SPBE.

“Kalau kami di daerah Muna Barat ini masih penjajakan, kami baru merancang, dan insya Allah kedepannya kami dapat melakukan yang terbaik untuk daerah,” jelas Al-Rahman, saat dimintai keterangan di sela acara ‘Forum Smart City 2024’ yang diselenggarakan di The Meru Sanur Hotel Bali, Rabu (26/6).

Terkait perkembangan peningkatan nilai SPBE yang sedang difokuskan saat ini oleh Pemkab Muna Barat, Al-Rahman melaporkan jika di tahun 2024-2025 ini pihaknya akan menyempurnakan SPBE.

“Dalam hal ini, kita akan menyusun master plan dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang menjadi domain dari SPBE. Kemudian itu akan kita lanjutkan menjadi program smart city,” ujarnya.

Kedepannya, pihak Kominfo Kabupaten Muna Barat akan menciptakan target dan harapan besar jika kabupatennya dapat menerapkan prinsip-prinsip dari smart city.

Lebih lanjut, diakui oleh Al-Rahman, acara ‘Forum Smart City 2024’ menjadi motivasi baginya untuk segera menerapkan smart city pada Kabupaten Muna Barat.

“Acara ini sangat luar biasa, karena kami sebagai pengunjung dapat menyaksikan langsung inovasi-inovasi dan perkembangan terbaru dari teknologi sekaligus perangkatnya. Saya rasa ini sangat mendukung untuk penerapan smart city di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Foto : Kominfo Kabupaten Muna Barat