BYD Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang

Jakarta, GPriority.co.id – Mobil Listrik asal China, Build Your Dream (BYD) berencana membuka pabrik di Indonesia. Rencananya, pabrik tersebut berada di Subang, Jawa Barat.

Adapun untuk merealisasikan hal tersebut, PT BYD Motor Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

“Melalui berbagai penilaian, BYD memutuskan bahwa Kawasan Industri Subang Smartpolitan tepat untuk menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao Eagle di JIExpo, Kemayoran, Selasa (30/4).

Menurut, Eagle Zhao kawasan industri ini dapat memenuhi kriteria, baik dari segi luas, jarak, lingkungan, maupun infrastruktur yang diperlukan.

“Sehingga kami yakin bahwa fasilitas yang terbangun nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia,” kata Eagle.

Eagle mengatakan, proses selanjutnya adalah serah terima lahan yang akan dilakukan pada Agustus 2024. BYD merencanakan operasional pembangunan bertahap dan pabrik mulai beroperasi pada Januari 2026.

Lebih lanjut, pabrik baru ini akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar. Mencakup pusat penelitian dan pengembangan juga fasilitas pelatihan dengan teknologi hemat energi dan ramah lingkungan.

Foto: GPriority