Coba Melipir ke Desa Wisata Alamendah

Desa wisata Alamendah berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Menyuguhkan wisata alam, agrowisata, dan juga religi.

Sebelumnya, Desa Wisata Alamendah ini merupakan bagian dari 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Mayoritas mata pencaharian penduduk Alamendah yaitu petani dan pedagang. Maka tak heran jika lahan di Desa Alamendah ini didominasi oleh ladang untuk komoditas sayur dan buah, seperti daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan
lain-lain.

Adapun kegiatan agrowisata yang sudah berkembang di Desa Wisata ini yaitu petik stroberi. Stroberi segar khas Rancabali bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 80.000 per kilogram.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan pengemasan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, wisata bertani, dan berkeliling menikmati suasana ladang pertanian.

Selain agrowisata, industri rumahan di Desa Wisata Alamendah juga sedang dikembangkan menjadi salah satu atraksi
wisata edukasi bagi pengunjung. Ada beberapa industri rumahan yang sudah siap menerima wisatawan yang ingin melihat, belajar, dan membeli produk olahannya.

Tak kalah seru, disana juga terdapat wisata alam Curug Awi Langit, dengan air terjun jernih dan suaranya yang dapat menenangkan fikiran. Curug Awi Lanvit dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk biaya wisatawan dikenakan biaya Rp 20.000 per orang.

Bagi yang ingin merasakan sensasi curug lebih lama lagi, pengelola menyediakan perlengkapan camping dengan mengeluarkan biaya Rp 30.000 per orang. (Dw.foto.dok.Desa Wisata Alamendah)

Related posts