Dampak Covid-19, Klaim JHT Meningkat

Tarakan-Gpriority,Selama pandemi Covid-19 pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tarakan mengalami peningkatan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tarakan, Wira Sirait mengatakan, jumlah klaim JHT sejak Januari sampai Juli 2020 total klaim sebanyak 4.729 klaim, dimana peningkatan paling tinggi terjadi pada bulan Juni yaitu sebesar 1.094 klaim.

“Angka seribu ini separuh dari angka yang melakukan klaim, ini baru separuh saja. Aslinya lebih besar, karena sebagian lagi terkendala dengan persyaratan, seperti KTP mati (masa berlaku habis), pengalaman kerja belum dikasih, ada juga yang masalah dokumen,” kata Wira, Selasa (21/7/2020).

Wira mengungkapkan, pandemi Covid-19 sudah terjadi sejak Maret, namun justru bulan Juni meledak jumlah klaim. Hal itu disebabkan karena sesuai aturan BPJS Ketenagakerjaan, bahwa klaim harus menunggu satu bulan sejak di-PHK (pemutusan hubungan kerja).

“Misalnya yang bersangkutan di PHK bulan April, maka harus menunggu bulan Mei habis baru bisa klaim dibayarkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa jumlah PHK paling banyak terjadi pada bulan April, makanya terjadi ledakan klaim pada bulan Juni 2020. Sementara untuk bulan Juli masih berjalan.

“Total klaim JHT yang dibayarkan mencapai Rp40,9 milliar, paling tinggi terjadi pada bulan Juni sebesar Rp9,2 Milliar,” tambah Wira.

Wira mengatakan, kenaikan jumlah klaim JHT juga terjadi di seluruh Indonesia atau secara nasional. Ini adalah gambaran ekonomi pekerja selama pandemi Covid-19. Peningkatan jumlah PHK diperkirakan sampai bulan Desember 2020.

“Untuk anggaran dari BPJS Ketenagakerjaan sudah siap karena ini uang pekerja, kita hormati dan kita tidak main-main. Misalkan saja se Kota Tarakan, klaim JHT uangnya ada,” tegasnya.

Sementara untuk syarat klaim masih sama, tidak ada perubahan sejak Januari hingga sekarang, yakni surat PHK, KTP, KK dan rekening bank. Kemudian untuk saldo di atas Rp50 juta akan diminta NPWP untuk pembayaran pajak.# (FBI)

Related posts