Aksen Dinding Roster

Roster dinding merupakan salah satu desain dinding berlubang dengan motif beragam seperti kotak, persegi, segi enam dan sebagainya, berfungsi sebagai sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal di dalam ruangan.

Selain menghasilkan udara yang sejuk di dalam rumah, roster dinding juga dapat mempercantik dan menambah nilai estetika hunian. Biasanya dinding jenis ini banyak dijumpai di rumah dengan konsep tropis zaman dulu dengan desain era tahun 90-an. Roster ini juga biasanya diletakkan di atas pintu dan jendel bahkan dipasang sebagai pagar atau partisi ruangan.

Bagi yang tertarik memiliki dinding dengan lubang angin, berikut ini beragam jenis dinding roster yang dapat diaplikasikan di rumah, diantaranya:

1. Roster Beton

Dinding roster beton memiliki tampilan yang menarik, selain itu dinding jenis ini memiliki kualitas yang lebih kuat dan kokoh. Bahan utama dalam pembuatan roster ini adalah campuran bahan bangunan seperti air, semen, dan agregat mineral (kerikil dan pasir). Umumnya bagian tengah roster beton dilubangi dengan rongga yang sedang untuk meminimalisir sinar matahari yang terik serta menyalurkan udara sejuk ke dalam hunian.

Biasanya motif yang sering dipilih yaitu motif roster beton yang minimalis seperti warna abu-abu muda. Pengaplikasian roster ini juga beragam, selain dijadikan sebagai dinding di dalam rumah juga dapat dajadikan sebagai pagar, furniture, fasad bagunan masjid, dan bahkan sisa dari roster beton dapat dimanfaatan sebagai pot tanaman, meja, ataupun kursi.

Tipe beton memiliki kesan yang lebih padat dan berat, meskipun begitu tipe beton tetap tidak terlalu sempurna dalam menyerap air dan dapat merusaknya bila itu adalah air garam karena salah satu bahan dasar tipe ini adalah air.

2. Roster Bata

Roster Bata biasanya terbuat dari bahan dasar tanah liat merah yang dibakar dengan suhu tinggi dan menghasilkan sebuah material bernama gerabah dan tidak diglasur, sehingga tipe bata ini memiliki pori-pori. Untuk pengaplikasiannya, roster bata banyak digunakan untuk kebutuhan eksterior bangunan khususnya sebagai tembok pada bangunan.

Pemakaian tipe bata lebih menekankan pada ketahanan bangunan dan ventilasi udara karena memiliki volume yang lebih berat, dan cenderung tidak memiliki variasi warna karena roster jenis ini hanya memiliki warna merah kecoklatan seperti warna bata pada umumnya, serta penampilan yang terlihat kering. Bata tipe ini juga harus disusun bertumpuk yang dapat menghasilkan dinding eksterior yang keras namun sangat berat, menjadikan biaya penyangga konstruksi nya akan lebih mahal.

3. Roster Batako

Dinding roster batako memiliki memiliki bahan pembuatan yang sama dengan roster beton, namun biasanya roster yang satu ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan beton dan cocok bagi yang memiliki anggaran terbatas. Memiliki ciri khas berwarna abu-abu gelap sehingga menonjolkan kesan dingin dan natural pada hunian yang bergaya modern maupun industrial.

4. Roster Kayu

Sesuai dengan namanya, roster jenis ini terbuat dari material kayu yang menghadirkan kesan tradisional yang hangat sekaligus sejuk di dalam ruangan. Ada beragama jenis kayu yang dapat diukir dan dijadikan sebagai roster diantaranya yaitu kayu mahoni, jati, jepara, dan masih banyak lagi. Roster jenis kayu ini bentuknya juga cukup beragama karena kayu dapat diukir dan didesain menjadi berbagi macam bentuk seperti kaligrafi, bunga, muka persegi panjang, dan lain-lain. Namun salah satu kelemahan dinding roster kayu adalah rentan terjadi pelapukan akibat rayap kayu.

5. Roster GRC
Glassfibre reinforced concrete atau GRC merupakan dinding roster modern yang bisa dibentuk dalam berbagai motif dan pola berkat produksinya yang memanfaatkan mesin. GRC sediri dibuat dari material campuran beton dan serat kaca. Komposisi dari material ini umumnya terdiri dari serat kaca berdaya tahan tinggi dan tahan alkali, yang dikombinasikan bersama dengan campuran semen seperti beton dan sebagainya.

Roster GRC memiliki karakter kukuh, ringan dan tahan lama, kita bisa memilih variasi desain roster yang paling sesuai dengan konsep hunian untuk digunakan pada bagian eksterior seperti pagar ataupun di bagian interior sebagai partisi ruangan.

6. Roster Keramik

Roster Keramik terbuat dari tanah liat spesifikasi tinggi yang dapat menghasilkan keramik Granit. Roster keramik termsuk jenis roster yang fleksibel karena dapat diaplikasikan di dalam bangunan maupun diluar bangunan. Pada dasarnya roster keramik ini memilik dua tipe, yaitu roster keramik biasa dan roster keramik granit.

Roster keramik biasa terbuat dari tanah liat spesial yang merupakan campuran dari tanah liat, pasir besi kuarsa, dan air. Kemudian dibentuk, diwarnai, dan dibakar ditempat pembakaran kapur. Sedangkan roster keramik granit juga sama-sama terbuat dari tanah liat spesial dengan proses pembuatan yang sama, akan tetapi keramik granit ini sudah melewati proses pelapisan glasur yang dapat diproses sesuai tekstur dan desain nya. Sehingga, tipe ini dapat dibersihkan dengan mudah dan tidak memiliki pori-pori.

Pelapisan glasur pada tipe ini juga dapat menghasilkan tipe warna yang mengkilau maupun flat. Selain itu, tipe Keramik Granit ini bersifat sangat kuat bahkan dapat menopang beban hingga 500 kg per meter persegi. Ia juga memiliki permukaan anti baret sehingga lebih awet. Penampilannya juga terasa lebih mewah dan cocok dijadikan sebagai bahan dekorasi bangunan. Selain itu biaya penyangga konstruksinya juga terbilang cukup murah yang menjadikannya sangat hemat biaya dan ramah lingkungan. (Dwi)

Related posts