Dukung Diplomasi Ekonomi, Kemlu RI Kolaborasi Dengan OJK Dan PT Pos Indonesia

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menandatangani nota kesepahaman kerja sama Kementerian Luar Negeri (Menlu), dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Pos Indonesia, pada Selasa (4/6/2024).

Penandatanganan ini bertempat di Ruang Nusantara, Gedung Kemlu RI, Jakarta Pusat.

Menlu Retno mengatakan, kerja sama semacam ini diperlukan, salah satunya untuk mendukung diplomasi ekonomi.

“Ibu Bapak, kolaborasi dan joint forces adalah kunci agar hasil kerja kita menjadi lebih baik dan lebih maksimal, dan kerja sama – kerja sama seperti ini saya kira sangat diperlukan, terutama untuk mendukung kerja diplomasi ekonomi, yang berarti mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia, dan expertise dari OJK dan PT Pos sangat berharga dalam penguatan diplomasi ekonomi,” ujarnya.

Sinergi antara Kementerian Luar Negeri dengan OJK pun terfokus di dalam dua hal.

“Yang pertama di sektor keuangan tadi beberapa Pak Mahendra sudah sebutkan melalui penguatan ekonomi hijau Indonesia dengan mengoptimalkan pasar karbon dan transformasi digital perbankan Indonesia,” ungkap Menlu Retno.

“Yang kedua pelindungan dan peningkatan peran PMI (Pekerja Migran Indonesia) dan Diaspora Indonesia di luar negeri dan sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah untuk terus memberikan pelindungan bagi PMI termasuk ancaman dari penipuan remitansi, investasi, dan pencucian uang dan tadi Pak Mahendra sudah beberapa menyebutkan, termasuk pinjol dan lain lain,” lanjutnya.

Selain itu, dengan PT Pos Indonesia, kerja sama ini juga memiliki bagian penting untuk penguatan konektivitas dan rantai pasok.

“Dan saya berharap sinergi antara Kemlu dengan PT Pos Indonesia dapat memperkuat ekosistem logistik bagi para pelaku usaha Indonesia di luar negeri dan khususnya untuk mendukung UMKM dan BUMN Go-global,” jelas Menlu Retno.

Foto : Istimewa / GPriority