Fakta Menarik Seputar Burung Puyuh

Burung puyuh merupakan hewan unggas yang memiliki ukuran badan kecil dan gemuk. Berbeda dengan burung lainnya burung puyuh tidak membuat sarangnya di atas pohon melainkan di permukaan tanah.

Selain itu sobat pastinya belum tahu bahwa banyak fakta menarik lainnya yang dimiliki oleh burung puyuh? Mau tahu apa saja simak informasinya berikut ini.

Soal jenis burung puyuh, terdapat beberapa jenis, setidaknya ada empat jenis yang tersebar di dunia. Keempat jenis burung puyuh itu diantaranya puyuh jepang, puyuh batu, puyuh gonggong jawa, dan bobwhite. Khusus di Indonesia kebanyakan berjenis gonggong jawa dengan corak vairasi garis dan totol. Namun banyak juga ternak burung puyuh di Indonesia yang menggunakan burung puyuh jepang. Karena berbeda dengan spesies puyuh lainnya, burung puyuh jepang mampu menghasilkan sekitar 300 telur per tahun dengan bobot telur sekitar 10 gram per butirnya.

Pada dasarnya, burung puyuh memakan biji-bijian, namun juga sering ditemui burung puyuh memakan serangga dan mangsa lain yang berukuran kecil. Burung puyuh lebih banyak hidup di permukaan tanah, berkemampuan untuk lari, dan terbang dengan kecepatan tinggi meskipun dengan jarak tempuh yang pendek. Khusus burung puyuh jepang mampu terbang dengan jarak yang lebih jauh dibanding spesies puyuh lainnya.

Perbedaan antara burung puyuh jantan dengan betina dapat terlihat jelas. Burung puyuh jantan dewasa memiliki ukuran lebih kecil dibanding puyuh betina. Selain itu, pada dada puyuh jantan bulunya bewarna cokelat polos, sedangkan puyuh betina terdapat corak totol disekitar dadanya. Selain itu pada pangkal paruh puyuh jantan bewarna kemerahan, sedangkan betina hanya bewarna cokelat. Terakhir, ciri lainnya yaitu pada puyuh jantan terdapat benjolan di atas kloaka, dan jika ditekan akan mengeluarkan cairan putih seperti pasta dari kloaka. Umur dewasa burung puyuh jantan ditandai dengan mulainya berkokok, sedangkan pada puyuh betina ditandai dengan mulai produktinya bertelur.

Burung puyuh sama sekali tidak ada yang asli Indonesia, karena burung puyuh yang kita temui berasal dari Jepang dan Afrika.Terkait keberadaannya, burung puyuh sudah ada sejak tahun 3000 sebelum masehi. Dan menurut beberapa sumber, pertama kali burung puyuh dikenal sebagai hewan unggas adalah benua Afrika.

Fakta menarik lainnya adalah 1 telur puyuh mengandung kalori, lemak ,protein,kolin,folat,selenium vitamin A,Vitamin B12, zat besi dan fosfor. Sehingga layak untuk dikonsumsi setiap hari.(Hs.Foto.istimewa)

 

Related posts