Gunung Latimojong, Pendakian dan Keindahan Alamnya

Penulis: Agustin Effendy | Editor: Lina F | Foto: Agustin Effendy

Enrekang, GPriority.co.id – Gunung Latimojong adalah salah satu gunung di Sulawesi selatan yang menjadi tujuan pendakian bagi kalangan pecinta alam.

Gunung Latimojong, berada di bagian selatan Sulawesi, gunung ini merupakan bagian integral dari rangkaian Pegunungan Sulawesi yang menjalar dari utara hingga selatan pulau.

Dengan puncak yang menjulang hingga 3.478 meter di atas permukaan laut, (mdpl) Gunung Latimojong menjadi simbol prestise bagi pendaki gunung dan pecinta alam

Pemandangan yang menakjubkan dan keanekaragaman hayati yang luar biasa di sekitar gunung ini membuatnya menjadi tujuan yang menarik bagi para petualang alam.

Latimojong dikelilingi hutan tropis yang lebat, gunung ini menawarkan panorama yang menawan, dengan pemandangan lembah hijau yang luas, air terjun yang mengalir deras, dan tebing-tebing curam yang menjulang tinggi.

Pendakian ke puncak Gunung Latimojong juga memberikan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, menambah daya tarik yang luar biasa bagi para pendaki

Selain keindahannya, Gunung Latimojong juga menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa. gunung ini merupakan rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan langka, termasuk beberapa endemik Sulawesi

Para pendaki dapat menjumpai berbagai jenis hewan langka, seperti Anoa dan anis Kancil, serta berbagai jenis orkid yang indah

Pendakian ke Gunung Latimojong tidaklah mudah. Rute pendakian umumnya dimulai dari Desa Latimojong, yang terletak sekitar 10 kilometer dari Kabupaten Luwu.

Ada beberapa jalur pendakian yang berbeda, masing-masing menawarkan tantangan dan pesona sendiri

Para pendaki harus bersiap menghadapi medan yang curam dan berbatu, serta beradaptasi dengan iklim pegunungan yang berubah-ubah

Namun, semua usaha dan tantangan ini akan terbayar dengan pengalaman yang tak terlupakan dan pemandangan yang menakjubkan.

Salah satu kawasan wisata yang masih menjadi bahagian dari Gunung Latimojong, adalah Desa Karangan, Karangan merupakan salah satu Desa Wisata yang terletak di kaki gunung Latimojong dari arah Kabupaten Enrekang.

Karangan, desa wisata yang menyediakan sarana Camping dan susur sungai ini, tiap akhir pekannya ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun lokal.

Subair, salah seorang pemandu wisata di Desa Karangan, mengaku berbagai Komunitas setiap pekan ramai berkunjung ke wilayah ini, khususnya komunitas motor, dikawasan ini juga menyediakan Kemah yang bisa disewa Rp. 75.000 – 150.000 / Malam, pengunjung juga ditawari susur sungai dengan menggunakan Ban yang disewa hingga menikmati keramahan warga penduduk setempat.

Gunung tertinggi di Sulawesi Selatan ini, puncaknya di Rante Mario. Pegunungan Latimojong, membentang dari selatan ke utara. Di sebelah barat Gunung Latimojong adalah Kabupaten Enrekang, sebelah utara Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan Kabupaten Sidenreng Rappang dan area sebelah timur seluruhnya wilayah Kabupaten Luwu hingga di pantai Teluk Bone.