Jakarta,GPriority.co.id-Momentum kebangkitan nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2022 dijadikan pelecut semangat Kemenparekraf yang tengah melakukan pameran di bursa Pariwisata Satte di India.
Menurut Menteri Sandiaga Uno tujuannya untuk mengincar di wilayah Asia khususnya Asia Selatan.
Tak hanya itu, Mas Menteri begitu Sandiaga Uno disapa mengatakan bahwa bursa pariwisata South Asia’s Travel & Tourism Exchange (SATTE) 2022 yang digelar di India pada 18-20 Mei 2022 menjadi ajang untuk menjaring wisman dari kawasan Asia Selatan dalam upaya membangkitkan sektor parekraf dan membuka lapangan kerja di Indonesia.
Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya, menjelaskan keikutsertaan Indonesia dalam bursa pariwisata paling berpengaruh di Asia Selatan itu untuk tujuan agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dapat terjaga eksistensinya sehingga ekonomi mampu bangkit, menciptakan peluang usaha, dan membuka lapangan pekerjaan.
“Partisipasi Indonesia pada SATTE 2022 mendukung upaya pembukaan kembali pariwisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara dalam rangka membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga Uno.
SATTE 2022 yang merupakan bursa pariwisata terbesar di Asia Selatan tersebut akan dilaksanakan secara offline pada 18-24 Mei 2022 di India Expo Mart, Greater Noida, New Delhi, India.
Ia mengungkapkan saat ini Bali sudah menyambut wisatawan mancanegara sejak awal tahun ini dengan pemberian visa on arrival untuk lebih dari 40 negara.
“Tujuan keikutsertaan Indonesia pada SATTE 2022 adalah untuk memfasilitasi pelaku industri pariwisata di Indonesia agar dapat kembali mengefektifkan bisnisnya di India,” ujarnya.
Pada kesempatan bursa pariwisata itu Kemenparekraf/Baparekraf memfasilitasi 20 pelaku industri pariwisata untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam perhelatan
Sekretaris Kemenparekraf/Baparekraf sekaligus Plt. Deputi Bidang Pemasaran, Ni Wayan Giri Adnyani, menjelaskan, sebanyak 20 pelaku industri pariwisata terkemuka di Indonesia diajak berpartisipasi untuk menawarkan paket-paket wisata menarik di tanah air. Termasuk Bali yang merupakan destinasi favorit wisatawan India terutama untuk wedding.
“India sebagai pasar wisatawan mancanegara yang potensial, karena jumlahnya meningkat setiap tahun, dan salah satu yang paling pesat pertumbuhan pariwisatanya setelah China,” ujar Sesmenparekraf Ni Wayan Giri.
Bahkan pada tahun 2018, Bali ditetapkan sebagai Best Wedding Destination International 2018 dari Majalah T+L (travel and leisure) India’s dimana Pulau Dewata harus bersaing dengan banyak destinasi dari negara lain di ajang tersebut.
“Kekuatan _spending_ atau belanja wisatawan India pun cukup tinggi, rata-rata sekitar 1.000 dolar AS perkunjungan, dengan rata-rata lama tinggal mencapai 7 hari perkunjungan,” ujar Giri Adnyani.
Dengan semakin banyaknya wisatawan India yang datang ke tanah air maka spending yang besar diharapkan mampu membangkitkan ekonomi dan memulihkan sektor parekraf di Bali.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)