Imbas Boikot, KFC Indonesia Rugi Hingga Rp557 Miliar!

Imbas Boikot, KFC Indonesia Rugi Hingga Rp557 Miliar!

Jakarta, GPriority.co.id – Imbas boikot yang terjadi secara besar-besaran, gerai ayam goreng KFC Indonesia dilaporkan harus menelan kerugian hingga Rp557 miliar!

Menurut laporan, aksi boikot dan pro Israel yang dimulai sejak Oktober 2023 itu masih berlanjut hingga saat ini. KFC Indonesia terkena imbas karena memiliki afiliasi dengan Israel.

Sebagai informasi, pada tahun lalu sebanyak 108 gerai KFC di Malaysia juga resmi ditutup. Sedangkan di Indonesia, dilaporkan sebanyak 47 gerai KFC Indonesia telah ditutup.

Pengelola KFC Indonesia, PT Fast Food Indonesia, belum lama ini juga melaporkan kinerja keuangannya.

Pada Kuartal III-2024, KFC Indonesia membukukan rugi bersih sebesar Rp557,08 miliar. Angka tersebut membengkak 266,59% secara yoy dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu senilai Rp151,41 miliar.

Secara pendapatan, pada Kuartal III-2024, KFC Indonesia dilaporkan mendapatkan pendapatan sebesar Rp3,59 triliun. Angka ini menurun 22,28% secara yoy dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yaitu Rp4,61 triliun.

Sumber pendapatan KFC yang paling banyak berasal dari makanan dan minuman, sebesar Rp3,57 triliun.

Komisi Penjualan dan Jasa Layanan Antar KFC Indonesia Juga Alami Penurunan

Selain pendapatan, komisi atas penjualan, jasa layanan antar, beban pokok penjualan, laba bruto, dan aset KFC Indonesia juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Selain menutup 47 gerainya, KFC Indonesia juga mem-PHK sebanyak 2.274 karyawannya sejak akhir tahun 2023 lalu.

Di awal 2024, PT Fast Food Indonesia mengatakan jika salah satu penyebab penurunan kinerja keuangan perusahaan ialah imbas dari krisis Timur Tengah.

Usai diduga terafiliasi alias pro Israel, pada tahun 2023, pihak KFC Indonesia sebenarnya sudah melakukan bantahan.

Untuk membuktikan hal tersebut, KFC Indonesia bahkan juga memberikan sumbangan bantuan kemanusiaan kepada Palestina senilai Rp1,5 miliar,

Bantuan ini diberikan oleh KFC Indonesia, khususnya untuk anak-anak dan perempuan, melalui kampanye bertajuk, “Bersatu untuk Palestina”.

Foto : KFC Indonesia