Indonesia Kalah Atas Uzbekistan 0-2, Garuda Muda ke Perebutan Peringkat Tiga

Jakarta, GPriority.co.id – Timnas Indonesia U-23 kalah dengan skor 0-2 melawan Uzbekistan U-23 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4). Kekalahan ini mengantarkan Garuda ke perebutan peringkat 3.

Dua gol dilesatkan Uzbekistan di babak kedua melalui Khuisain Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86. Bahkan, laga ini juga diwarnai kartu merah Rizky Ridho pada menit ke-83 setelah review Video Assistant Review (VAR) yang dipimpin Sivakorn Pu-Udom.

Dipastikan pemain Persija ini tidak bisa bermain di perebutan peringkat ketiga. Dalam perebutan ini, Garuda Muda menunggu tim yang kalah dari pertandingan Jepang melawan Irak.

Uzbekistan tampil dominan dalam laga dengan mendikte permainan sejak menit awal.

Namun, di tengah dominasi Uzbeskitan, Indonesia justru berhasil mencuri gol pada menit ke-60. Tepisan bola Nematov jatuh di kaki Sananta dan sang striker menyontek bola pelan ke Ferarri yang dengan dingin menjebol gawang Uzbekistan.

Namun, sayangnya gol yang sempat disahkan ini dibatalkan setelah review wasit Video Assistant Review (VAR) yang dipimpin Sivakorn Pu-Udom menganulir gol itu karena Sananta lebih dahulu offside.

Hingga pada menit ke-68, Uzbekistan unggul 1-0 setelah Hamralev memberikan crossing dan mampu diselesaikan oleh sontekan Norchaev yang berada di antara dua bek Indonesia.

Tak berhenti disitu, Indonesia semakin sulit mencetak gol ketika sang kapten Rizky Ridho mendapatkan kartu merah pada menit ke-83. Ridho yang tak sengaja mengarahkan kakinya ke pemain Uzbekistan setelah menyapu bola, mendapatkan kartu merah ini setelah melalui review VAR.

Setelah kartu merah Ridho, Indonesia kembali kecolongan melalui gol bunuh diri Pratama Arhan yang kehilangan fokusnya karena tak berkomunikasi baik dengan Ernando yang hendak menangkap bola.

Atas kemenangan ini, Uzbekistan melaju ke partai final Piala Asia U-23 2024 yang dimainkan di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Jumat (3/5) pukul 22.30 WIB mendatang sekaligus berhak mendapatkan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Sementara untuk Indonesia, kekalahan ini membuat satu tiket Olimpiade Paris 2024 otomatis harus diperebutkan Garuda Muda melawan melawan tim yang kalah dari laga semifinal lainnya antara Jepang dan Irak yang bermain pada Selasa (30/4) pukul 00.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Doha.

Laga perebutan peringkat ketiga dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB mendatang.

Apabila kalah pada perebutan peringkat ketiga, Indonesia masih mempunyai satu jalur lagi menuju Olimpiade Paris 2024 dengan melakoni laga playoff antar konfederasi melawan wakil benua Afrika Guinea U-23.

Foto: Photo by KARIM JAAFAR / AFP (AFP/KARIM JAAFAR)