Ingin Buat Dan Perpanjang SIM? Mulai 1 Juli 2024 Wajib Punya BPJS!

Jakarta, GPriority.co.id – Saat ini, jika ingin membuat dan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), maka anda harus segera menunjukkan bukti bahwa terdaftar aktif di BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Peraturan ini akan mulai di uji coba pada 1 Juli hingga 30 September 2024 mendatang, di 7 wilayah di Indonesia. Diantaranya yaitu daerah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dilansir dari antara, peraturan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna JKN. Saat ini dilaporkan sekitar 63 juta dari 270,4 juta peserta JKN, tercatat sebagai peserta nonaktif. Aturan ini merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Kesehatan Nasional untuk meningkatkan jumlah pengguna JKN.

“Akan dilakukan uji coba implementasi mulai tanggal 1 Juli 2024 sampai 30 September 2024, di 7 wilayah kepolisian daerah, yaitu Polda Aceh, Polda Sumatera Barat, Polda Sumatera Selatan, Polda Metro Jaya, Polda Kalimantan Timur, Polda Bali, dan Polda Nusa Tenggara Timur,” ujar AKBP Faisal, pada Senin (3/6/2024) kemarin, dilansir dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, persyaratan ini juga tertuang pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Foto : Ilustrasi / Shutterstock