Ini Bedanya Jurusan Teknik Informatika dan Teknologi Informasi

Jakarta, GPriority.co.id – Berkembangnya teknologi dan informasi membuat hampir semua pekerjaan yang ada membutuhkan tenaga kerja ahli di bidang komputer. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai jurusan bidang tersebut menjadi pilihan program studi yang paling berkembang dan tidak pernah sepi peminat. Dua diantaranya adalah jurusan Teknik Informatika dan Teknologi Informasi.

Namun, meski jurusan ini memiliki peminat yang tinggi, terkadang banyak oang yang masih kesulitan untuk membedakan keduanya dan memahami spesifikasi bidang yang akan dipelajari. Banyak orang yang mengira dua jurusan ini sama saja dan hanya berbeda nama. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, Teknik Informatika dan Teknologi Informasi merupakan dua jurusan yang memiliki bidang pekerjaan berbeda meskipun masih dalam ranah komputer dan informasi.

Perbedaan ini dapat diketahui berdasarkan beberapa kategori. Pertama, berkaitan dengan pemberian nama lain oleh kampus masing-masing. Jurusan teknik informatika sendiri memiliki nama lain, seperti ilmu komputer, informatika, ilmu komputasi, ilmu informatika, matematika komputasi, dan nama-nama lainnya.

Sedangkan di beberapa universitas, Teknologi Informasi memiliki penyebutan yang lain, diantaranya sistem informasi, manajemen informatika, sistem informasi manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen informasi, dan nama-nama sejenisnya.

Perbedaan kedua, yakni terkait dengan bidang-bidnag yang dipelajari. Teknik Informatika cenderung berfokus pada konsep teoritis terkait cara kerja sistem komputer serta pengembangan algoritma untuk memecahkan masalah yang ada.

Teknik Informatika akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Jadi, mata kuliah yang akan ditemui lebih banyak berkutat pada pemprograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). 

Prodi ini juga dikatakan berbeda dengan prodi Sistem Informasi yang lebih fokus mempelajari solusi IT dalam proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi atau perusahaan.

Bagi calon mahasiswa baru yang tidak menyukai teori, jurusan teknik informatika akan sangat cocok, sebab Teknik Informatika tidak terlalu banyak belajar teori, tapi lebih ke arah implementasi. 

Lulusan Teknik Informatika (TI) biasanya akan lebih banyak bekerja di pemrograman, pengembangan dan pembuatan aplikasi atau software, serta banyak pula yang bekerja pada pengembangan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Sementara, Teknologi Informasi adalah keilmuan yang berfokus pada pengembangan keamanan siber dan teknologi berbasis internet. Sederhananya, prodi ini adalah versi Teknik Informatika yang lebih terapan.

Teknologi Informasi bisa diartikan sebagai sebuah perangkat, baik perangkat keras maupun lunak, yang digunakan untuk mendukung pengolahan data dan informasi secara cepat dan berkualitas. Mahasiswa teknologi informasi lebih banyak belajar tentang bisnis terkait IT dan lebih banyak teorinya.

Mahasiswa S1 Teknologi Informasi ITS akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang komputasi, seperti pada mata kuliah teknologi web, teknologi  keamanan komputer, sistem operasi, hingga pengadaan dan penjaminan kualitas IT hingga manajemen. 

Para lulusan dari jurusan ini nantinya akan membantu ataupun menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya adalah dalam pembuatan hardware, software, network, database, dan lain sebagainya. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai perbedaan jurusan Teknik Informatika dengan Teknologi Informasi. Sebelum mendaftar, pastikan sudah memahami jurusan yang akan dipilih berserta bidang kerja yang digeluti nantinya. (Vn)

Related posts