Ini Dia Sosok Arief Prasetyo, Plt Mentan yang Ditunjuk Jokowi

Penulis : Dimas A Putra | Editor : Lina F | Foto : wikipedia.org

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Arief Prasetyo Adi sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo, yang telah mengirimkan surat pengunduran diri ke Jokowi pada Kamis (5/10) kemarin.

“Iya tadi malam sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri dari Pak Menteri Pertanian. Sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti, sudah saya tanda tangani juga,” ujar Jokowi kepada awak media, Jumat, (6/10).

Sebagaimana diketahui, Syahrul Yasin Limpo resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian. Keputusan ini menyusul proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Untuk mengisi kekosongan menteri pertanian, Jokowi telah mengangkat Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, sebagai pelaksana tugas (Plt).

Jokowi menjelaskan bahwa pengangkatan Kepala Bapanas sebagai pelaksana tugas menteri pertanian adalah agar lebih memudahkan dalam koordinasi.

“Karena biasanya kita Bulog, Badan Pangan (Nasional), mentan, menteri perdagangan ini selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja supaya lebih memudahkan,” kata Jokowi.

Lalu, seperti apa sosok Arief Prasetyo Adi yang ditunjuk sebagai menteri pertanian, berikut ulasannya.

Dilansir wikipedia.org, Arief Prasetyo Adi lahir di Palangkaraya pada 27 November 1974. Ia menyelesaikan pendidikan SMAN 1 Jakarta pada 1992, lalu, lulus Sarjana Teknik Sipil Konstruksi tahun 1998 dan Magister Teknik, Manajemen Konstruksi tahun 2000 dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Awal karirnya, Arief menjabat sebagai Direktur Utama PT. Food Station Tjipinang Jaya antara 29 September 2015 sampai dengan 15 November 2020 dan melanjutkan karirnya sebagai Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) / Holding BUMN Pangan ID FOOD sejak 16 November 2020.

Hingga, Arief dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional pada tanggal 21 Februari 2022.

Selain itu, Arief Prasetyo Adi pernah mendapat penghargaan Leader Inovatif Peduli Gizi 2023 dari Pergizi Pangan Indonesia, AIPGI (Prof Dr Ir Hardinsyah, MS) dan Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia/ GAPMMI (Adhi S. Lukman). Ada pula penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa 2023 dari BUMN Track (PPM dan Tanri Abeng).

Terakhir, Arief ditunjuk sebagai Plt Mentan oleh Jokowi menggantikan Syahrul Yasin Limpo.