Inilah Sosok Rifda Irfanalufthi, Atlet Senam Indonesia Pertama yang Lolos Olimpiade 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Sosok Rifda Irfanaluthfi menyita perhatian pecinta olahraga Indonesia. Pasalnya, wanita kelahiran 16 Oktober 1999 itu berhasil mengharumkan nama bangsa, dengan maju sebagai perwakilan pertama dari bidang gymnastic untuk Indonesia di Olimpiade 2024, pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang.

Perempuan berusia 24 tahun tersebut, sebelumnya juga pernah terbang ke Liverpool untuk menghadapi Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2022, sebagai bentuk perebutan posisi prakualifikasi Olimpiade.

Meski belum ada tempat pelatihan khusus resmi dari pemerintah untuk para atlet senam gymnastic, Rifda ternyata sudah mengantongi empat medali emas di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, 2019 Filipina, dan 2021 Vietnam.

Rifda merupakan sosok yang berprestasi didunia senam artistik Indonesia. Dirinya juga berhasil meraih medali perunggu senam lantai di Piala Dunia Senam Artistik FIG 2023 pada seri Kairo, Mesir.

Ditambah, dirinya juga meraih medali perak senam lantai pada Pesta Olahraga Asia ke 18 di Jakarta-Palembang tahun 2018.

Lahir dari pasangan Yulies Andriana dan Utu Solihin, Rifda dikenal sebagai ‘kecil-kecil cabe rawit’. Meski memiliki tinggi 151 cm, namun dirinya begitu lincah hingga membawa harum nama Tanah Air.

Rifda diketahui merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan lulus pada tahun 2017 lalu.

Foto : Instagram / @rifda_irfanaluthfi