Jokowi Bentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Jakarta-Gpriority,Dalam rangka pengendalian dan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional,Presiden RI Joko Widodo membentuk Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan pemulihan ekonomi nasional. Untuk memperkuat dasar hukumnya Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2020.

Untuk mengkoordinasikan kebijakan tersebut, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian,Airlangga Hartarto dibantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Agus Terawan Putranto. Untuk ketua pelaksananya, Jokowi menugaskan Menteri BUMN Erick Thohir.

Tim tersebut seperti dijelaskan Airlangga Hartarto dalam siaran persnya pada Senin (20/7/2020) bertugas untuk merumuskan sejumlah kebijakan dan memantau dengan seksama perkembangan penanganan Covid-19 dan perekonomian nasional. Di antara yang menjadi tugas tim itu ialah memantau ketersediaan peralatan uji maupun pengembangan vaksin Covid-19 hingga program perekonomian yang bersifat multiyears.

“Bapak Presiden memberi penugasan agar tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan Covid dan pemulihan ekonomi ini berjalan beriringan, dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal,” tandasnya.

Hadirnya komite ini membuat Presiden Jokowi membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan fungsinya kini diemban oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang berada di bawah Menko Bidang Perekonomian. Sebagai ketuanya, Jokowi menunjuk Doni Munardo.

Selain membentuk Satgas Penanganan Covid-19, Presiden juga membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional. Satgas yang juga berada di bawah Menko Bidang Perekonomian akan bekerja untuk menangani Covid-19 dari segi ekonomi. Untuk ketuanya, Airlangga mengatakan akan dipimpin oleh Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin. (Haris.Foto.BMPI Setpres)

Related posts