Jokowi Pastikan PON Papua Sesuai Jadwal

Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tetap berlangsung sesuai jadwal yakni pada 2-15 Oktober 2021.

“Saya meminta kepada Menpora dan pihak kepolisian untuk melaksanakan PON Papua sesuai jadwal, karena di tahun sebelumnya sudah ditunda,” ucap Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai Persiapan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua, Senin (15/03/2021).

Lebih lanjut dikatakan Jokowi selain itu yang menjadi alasan lainnya adalah Pemerintah Provinsi Papua sudah siap untuk gelaran event nasional 4 tahunan ini.” Gubernur Papua Lukas Enembe telah menyampaikan kepada saya bahwa berbagai persiapan telah dilakukan Provinsi Papua untuk penyelenggaraan event olahraga tingkat nasional tersebut termasuk selesainya pembangunan stadion,” ucap Jokowi.

Kepada Menpora Jokowi juga berpesan agar dilakukan vaksinasi COVID-19 terhadap seluruh kontingen yang akan mengikuti perhelatan begitu juga dengan masyarakat setempat.

Menpora Zainudin dalam siaran persnya secara virtual pada Senin (15/3/2021) mengatakan sudah menjalankan instruksi Jokowi yakni melakukan vaksinasi bagi atlet, pelatih, dan tenaga pendamping.

“Itu sudah kita mulai tanggal 26 Februari yang lalu dan sekarang masih terus prosesnya. Kalau dilihat dari perjalanan pelaksanaan kegiatan vaksinasi, saya kira saya juga optimistis bahwa nanti pada saatnya itu sudah tervaksin semuanya,” ujarnya.

Lebih lanjut Menpora menyampaikan, masih dikaji apakah pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI tersebut akan digelar tanpa penonton atau dihadiri penonton dalam jumlah tertentu.

“Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ persiapannya seperti apa, protokol kesehatan tentu itu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,” tutupnya.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts